zulfa maslakhatul makiyyah, 3214113179 (2015) ANALISIS TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ATURAN SINUS, KOSINUS, DAN LUAS SEGITIGA KELAS X SMA TERPADU ABUL FAIDL WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
campur.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
skripsi bab 1-5.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aturan Sinus, Kosinus, dan Luas Segitiga Kelas X SMA Terpadu Abul Faidl Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Zulfa Maslakhatul Makiyyah, NIM. 3214113179, pembimbing Maryono, M.Pd. Kata kunci : Analisis, Kreativitas, Aturan Sinus, Kosinus, dan Luas Segitiga. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika merupakan suatu hal yang kurang diperhatikan. Selama ini guru hanya mengutamakan logika dan kemampuan komputasi (hitung-menghitung) sehingga kreativitas dianggap bukanlah sesuatu yang penting dalam proses belajar mengajar di dalam kelas, padahal dalam kaitannya pemecahan masalah matematika, diperlukan pemikiran dan gagasan yang kreatif dalam membuat (merumuskan) model matematika serta menafsirkan solusi dari suatu masalah matematika. Pemikiran dan gagasan yang kreatif tersebut akan muncul dan berkembang jika proses pembelajaran matematika di dalam kelas menggunakan pendekatan pembelajaran yang tepat. Dalam hal ini peneliti ingin menganalisis seberapa jauh tingkat berpikir kreatif siswa kelas X SMA Terpadu Abul Faidl. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat kreatifitas siswa dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan aturan sinus, kosinus dan luas segitiga kelas X SMA Terpadu Abul Faidl Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif analitis. Data yang diperoleh berupa data tes tertulis, wawancara, data observasi, dan. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data serta pengecekan keabsahan data dengan cara melibatkan ketekunan peneliti, triangulasi, bahan referensi, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; rata-rata presentase tingkat kreativitas siswa pada TBK 1 sebanyak 52.5%, TBK 2 sebanyak 10%, TBK 3 sebanyak 2.5 %, TBK 4 masih belum ada yang memenuhi, sementara untuk TBK 0 peneliti abaikan karena pada tingkat ini peserta didik dianggap tidak memiliki kreatifitas apa-apa dengan beranggapan bahwa setiap subjek memiliki kreatifvitas yang berbeda-beda. Secara garis besar tingkat kreativitas siswa di SMA Terpadu Abul Faidl kelas X, berada pada tahap fasih dan hanya mencapai pada TBK 3.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | zulfa 3214113179 maslakhatul makiyyah |
Date Deposited: | 28 Dec 2015 02:15 |
Last Modified: | 28 Dec 2015 02:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3056 |
Actions (login required)
View Item |