IMPLEMENTASI GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF DALAM PENINGKATKAN DAYA SAING PENDIDIKAN (Kajian Multikasus di MI Perwanida Kota Blitar dan SDI Al-Munawar Kabupaten Tulungagung)

Agus Purwowidodo, 197204172006041002 (2020) IMPLEMENTASI GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF DALAM PENINGKATKAN DAYA SAING PENDIDIKAN (Kajian Multikasus di MI Perwanida Kota Blitar dan SDI Al-Munawar Kabupaten Tulungagung). TA’ALLUM: Jurnal Pendidikan Islam, 08 (2). pp. 309-332. ISSN p-ISSN: 2303-1891; e-ISSN: 2549-2926

[img] Text
4.a. jurnal taalum ke 2.pdf

Download (471kB)
Official URL: http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/t...

Abstract

Abstrak: Budaya organisasi pada tataran sekolah memerlukan pemimpin yang berkemampuan memobilisasi perkembangan dan perubahan yaitu melakukan kegiatan kreatif, menemukan strategi, metode, cara-cara, atau konsep-konsep yang baru dalam pengajaran agar pembelajaran bermakna dan melahirkan pendidikan yang berkualitas. Berkenaan dengan hal tersebut maka diperlukan kepemimpinan transformatif sebagai upaya untuk menghasilkan pendidikan yang mampu berdaya saing dan menghasilkann peserta didik yang mempunyai integritas kepribadian, sikap disiplin, kreatif, inovatif, dan kompetitif. Profesionalitas kepemimpinan pendidikan sebagai pemimpin transformasional perlu memiliki kompetensi, transparansi, efisiensi, dan kualitas tinggi. Strategi Pelaksanaan Kepemimpinan Transformatif Kepala MI Perwanida Kota Blitar dan SD Islam Al Munawar Tulungagung dalam meningkatkan kebijakan daya saing pendidikan di lembaganya: (1) Di lembaga Madrasah/sekolah terjadi adanya kerjasama dengan wakil-wakilnya, guru-guru, dan staf dalam kerja tim (team work), sehingga memungkinkan terlaksananya peran kepemimpinan tim (team leadership); (2) Di lembaga Madrasah/sekolah terjadi adanya peningkatan motivasi dan membangkitkan gairah kerja guru yang diorientasikan pada terciptanya pertumbuhan personal dan profesional guru (personal and professional growth), sehingga memungkinkan terlaksananya peran kepemimpinan supervisi (supervisory leadership); (3) Di lembaga madrasah tercipta penataan organisasi madrasah, iklim hubungan yang bersifat loose coupling, dan mengubah struktur dan iklim birokrasi menjadi menyenangkan (comfortable bureaucracy) atau profesional (professional bureaucracy) sehingga memungkinkan terlaksanya peran kepemimpinan organisasional (organizational leadership). Kata Kunci: Transformatif, Daya Saing, Pendidikan

Item Type: Article
Subjects: Artikel Dosen
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Dr 197204172006041002 Agus Purwowidodo
Date Deposited: 30 Nov 2022 02:13
Last Modified: 30 Nov 2022 02:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30594

Actions (login required)

View Item View Item