PROFIL PENALARAN MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERDASARKAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII-A MTS AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021-2022

ALFRIDA DINNA OCVIANA, 12204183150 (2022) PROFIL PENALARAN MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERDASARKAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII-A MTS AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021-2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (397kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Profil Penalaran Matematis Dalam Menyelesaikan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel berdasarkan Kecerdasan Logis Matematis Siswa Kelas VIII A MTs Al-Ma`arif Tahun Pelajaran 2021-2022” ini ditulis oleh Alfrida Dinna Ocviana, NIM 12204183150, Jurusan Tadris Matematika, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci : Kecerdasan Logis Matematis, Kemampuan Penalaran Matematis, Menyelesaikan Masalah, SPLDV Kecerdasan logis matematis merupakan kemampuan mengelompokkan masalah matematika dengan menghubungkan informasi pada suatu masalah tersebut dan melakukan operasi hitung dengan tepat berdasarkan logika matematika dan juga bisa menyimpulkan suatu penyelesaian dengan sistematis serta logis. Sedangkan kemampuan penalaran matematis merupakan kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing siswa dalam memecahkan permasalahan matematika secara logis. Dalam penelitian ini, meneliti profil penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan kecerdasan logis matematis. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mendiskripsikan profil penalaran matematis tinggi siswa dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan kecerdasan logis matematis siswa. (2) Untuk mendiskripsikan profil penalaran matematis sedang siswa dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan kecerdasan logis matematis siswa. (3) Untuk mendiskripsikan profil penalaran matematis rendah siswa dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan kecerdasan logis matematis siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 1 subjek penalaran matematis dan kecerdasan logis kategori tinggi, 1 subjek penalaran matematis dan kecerdasan logis kategori sedang dan 1 subjek penalaran matematis dan kecerdasan logis kategori rendah. Lokasi penelitian dilakukan di MTs Al- Ma’arif Tulungagung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket kecerdasan logis matematis, tes soal kemampuan penalaran matematis, dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) profil penalaran matematis siswa berkategori tinggi dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan kecerdasan logis matematis memenuhi semua indikator yaitu menyajikan pernyataan matematika, mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika dan menyimpulkan. (2) profil penalaran matematis siswa berkategori sedang dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan kecerdasan logis matematis memenuhi kurang lebih dua indikator yaitu, pernyataan matematika dan mengajukan dugaan. (3) profil penalaran matematis siswa berkategori rendah dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan kecerdasan logis matematis memenuhi kurang lebih satu indikator saja yaitu, menyajikan pernyataan matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > IQ
Matematika > Linear
Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Matematika > Masalah Matermatika
Pendidikan
Pendidikan Islam
Matematika > Variabel
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183150 Alfrida Dinna Ocviana
Date Deposited: 20 Sep 2022 03:54
Last Modified: 20 Sep 2022 03:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30665

Actions (login required)

View Item View Item