SHOFIA ENDAR PANGESTU, 12212183094 (2022) PENGEMBANGAN E-BOOKLET KIMIA INTERAKTIF TERINTEGRASI KEISLAMAN PADA MATERI REDOKS UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (637kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (680kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (517kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (341kB) | Preview |
Abstract
Skripsi berjudul "Pengembangan E-Booklet Kimia Interaktif Terintegrasi Keislaman pada Materi Redoks untuk Siswa SMA/MA Kelas X" ini ditulis oleh Shofia Endar Pangestu, NIM. 12212183094, dengan pembimbing Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. Kata Kunci: E-booklet, Interaktif, Terintegrasi Keislaman, Redoks Buku paket yang digunakan di sekolah berisi banyak tulisan, sedikit gambar, dan ukuran huruf yang terlalu kecil sehingga membuat siswa merasa bosan. Salah satu sumber belajar yang efektif untuk digunakan adalah e-booklet. Isi e-booklet disertai dengan gambar-gambar dan didesain dengan menarik, dijabarkan secara ringkas dan jelas yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja. E-booklet kemudian berkembang menjadi e-booklet yang bersifat interaktif dengan memanfaatkan multimedia interaktif yang memuat teks, grafis, gambar dan video. Pembelajaran kimia pada materi redoks dianggap sulit oleh siswa karena bersifat abstrak sehingga dalam penyampaian materinya perlu menggunakan sumber belajar yang banyak menampilkan ilustrasi gambar. Pengintegrasian materi redoks dengan nilai-nilai agama Islam belum banyak ditemukan, maka perlu adanya pengintegrasian nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Booklet Kimia Interaktif Terintegrasi Keislaman pada Materi Redoks yang dapat dijadikan sebagai sumber bacaan penunjang dan fasilitas belajar mandiri bagi siswa. Tujuan selanjutnya adalah menguji kelayakan e-booklet berdasarkan kevalidan dan respon siswa terhadap e-booklet. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model penelitian 4D yang terdiri atas 4 tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Pengembangan kemudian diadaptasi menjadi 3D, yang mana tahap penyebaran tidak dilaksanakan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara untuk studi pendahuluan, angket karakteristik siswa untuk mengetahui kebiasaan siswa ketika belajar dan kesulitan yang dialami siswa selama kegiatan pembelajaran, lembar validasi untuk menguji kelayakan e-booklet, serta angket respon siswa untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap e-booklet. E-booklet divalidasi oleh tiga validator ahli yang terdiri atas dua dosen kimia dan satu guru kimia untuk diuji kelayakannya baik dari segi muatan materi, tampilan media, maupun keislamannya. E-booklet kemudian direvisi kembali sesuai dengan saran dan masukan dari para validator dan selanjutnya diujicobakan untuk mengetahui respon siswa yang dikumpulkan melalui angket. Subjek uji coba terbatas adalah siswa kelas X MIPA 1 dari MA Ma'arif NU Kota Blitar yang berjumlah 9 siswa. E-booklet yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan baik dari segi materi, media dan keislaman dengan persentase rata-rata berturut-turut sebesar 95%, 96% dan 96% dengan kategori sangat baik. Untuk uji respon siswa, persentase yang diperoleh adalah sebesar 80% dengan kategori baik. Dengan demikian, e-booklet yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar penunjang dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | Pangestu Shofia Endar |
Date Deposited: | 20 Sep 2022 07:58 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 07:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30676 |
Actions (login required)
View Item |