PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK SISWA KELAS VIII DI MTS DARISSULAIMANIYYAH TRENGGALEK

ROBITHOTUL KHASANAH, 17204163304 (2022) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK SISWA KELAS VIII DI MTS DARISSULAIMANIYYAH TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Saintifik Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTs Darissulaimaniyyah Trenggalek” ditulis oleh Robithotul Khasanah, NIM. 17204163304, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing: Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata kunci : Modul, Pendekatan Saintifik, Bangun Ruang Sisi Datar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya semangat siswa dalam belajar matematika dikarenakan siswa kurang terlibat aktif saat pembelajaran. Pembelajaran masih bersifat teacher center sehingga siswa cenderung pasif dan hanya menjadi audience sehingga pembelajaran mudah terasa membosankan. Proses pembelajaran dengan kurikulum 2013 belum diterapkan dengan baik. Sehingga peneliti menyusun modul matematika dengan pendekatan saintifik dimana nantinya siswa diarahkan untuk menemukan ide-ide baru berdasarkan konsep pembelajaran yang disediakan pada modul melalui lima tahap yang meliputi mengamati atau observasi, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, mengkomunikasikan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengembangkan modul bahan ajar matematika materi bangun ruang sisi datar di MTs Darissulaimaniyyah Trenggalek kelas VIII Menjadi produk pembelajaran yang valid, efektif dan efisien. (2) Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas yang menggunakan modul matematika materi bangun ruang sisi datar sebagai bahan ajar dengan kelas yang tidak menggunakan modul matematika materi bangun ruang sisi datar sebgai bahan ajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) atau yang lebih dikenal dengan istilah R&D dengan menggunakan pendekatan saintifik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan tes. Analisis data menggunakan analisis data angket validasi dan analisis data tes dengan menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, dan uji t. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa MTs Darissulaimaniyyah Trenggalek Kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Modul bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan valid oleh kedua validator dengan rata-rata hasil validasi 82,15%, hal ini menunjukkan bahwa modul matematika dengan pendekatan saintifik ini efektif digunakan untuk pembelajaran. (2) Dari hasil uji coba lapangan didapatkan bahwa respon siswa baik dengan adanya modul pembelajaran ini. Hasil belajar siswa juga meningkat dilihat dari hasil hitung nilai post test dari peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu didapatkan taraf signifikansi lebih besar dari 0,05. Dengan demikian hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja diterima, sehingga terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar yang signifikan anatara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163304 ROBITHOTUL KHASANAH
Date Deposited: 20 Sep 2022 08:25
Last Modified: 20 Sep 2022 08:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30699

Actions (login required)

View Item View Item