Variabel-Variabel Karakteristik Siswa Berpengaruh Terhadap Proses dan Hasil Belajar dan Pembelajaran

Agus Purwowidodo, 197204172006041002 (2020) Variabel-Variabel Karakteristik Siswa Berpengaruh Terhadap Proses dan Hasil Belajar dan Pembelajaran. Working Paper.[monograph]

[img]
Preview
Text
buku variabel-variabel karakteristik siswa.pdf

Download (17MB) | Preview
Official URL: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22639

Abstract

Alhamdulih, dengan memanjatkan puji syukur kehadirat illahi roobi, akhirnya kami bisa menyelesaiakan buku yang berjudul: Variabel-Variabel Karakteristik Siswa Yang Berpengaruh Terhadap Proses dan Hasil Belajar dan Pembelajaran, “. Penulis buku ini dilatar belakangi oleh banyak persoalan yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran, sebagai seorang guru harus mampu mengembangkan semua potensi yang di miliki siswanya. Potensi yang dibawa anak sejak lahir menjadi bekal dalam hidupnya dimasa depan. Maka proses pembelajaran harus berjalan dengan efektif, efisien dan mempunyai daya tarik agar berhasil dan sukses. Persoalan utama yang sering dihadapi guru adalah ketidakmampuan guru dalam mengeksplorasi potensi siswa menjadi sesuatu kegiatan yang potensial dengan memperhatikan karakteristik siswa secara detai dan adaptif. Proses pembelajaran yang baik tidak hanya memperhatikan pemilihan metode yang tepat, media yang cocok dengan karakteristik dan perkembangan kognitif siswa, kondisi belajar yang menyenangkan, sistem evaluasi yang objektif dan transparan, tetapi juga harus mempertimbangkan variabel-variabel lain yang berpengaruh terhadap hasil pembelajaran. Buku ini berusaha menganalisis dan mengungkapkan bagaimana fungsi dan peranan penting variabel-variabel cara berpikir kritis, gaya kognitif siswa, strategi berpikir kreatif, gaya belajar siswa, kemampuan metakognisi siswa, kemampuan memecahkan masalah siswa dalam pembelajaran, mengembangkan kemampuan membaca dan menulis bagi siswa permulaan, pentingnya motivasi siswa terhadap belajar serta sikap siswa terhadap cara belajar dan guru di kelas yang berpengaruh terhadap proses dan hasil pembelajaran. Semoga buku yang sederhana dapat bermanfaat bagi para guru, dosen, dan praktisi dan peneliti di bidang pembelajaran serta mahasiswa dalam rangka memperkaya khasanah keilmuan dalam bidang pembelajaran di Indonesia, selanjut saran dan kritikan menjadi harapan penulis demi menyempurnakan isi dan kajian didalam buku ini.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: Buku
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Dr 197204172006041002 Agus Purwowidodo
Date Deposited: 30 Nov 2022 02:13
Last Modified: 30 Nov 2022 02:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30720

Actions (login required)

View Item View Item