Optimalisasi Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Kalangan Milenial

Dr. Indah Komsiyah, M.Pd, 197605182007012021 (2022) Optimalisasi Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Kalangan Milenial. Prosiding The Annual Conference on Islamic Religious Education, 2 (1). pp. 505-515. ISSN 2722-9169

[img] Text
Optimalisasi Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pembelajaran.pdf

Download (150kB)

Abstract

Teknologi memiliki peran yang penting dalam penyelenggaraan pendidikan agama Islam saat ini. Era digital memberikan kemudahan bagi para pendidik dan siswa melaksanakan pembelajaran. Salah satu media teknologi yang sering digunakan sebagai media pembelajaran pendidikan agama Islam adalah media sosial. Apalagi para pendidik dan siswa didukung dengan kepemilikan perangkat teknologi atau telepon pintar sehingga memudahkan berkomunikasi dan melakukan aktifitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran agama Islam pada kalangan milenial. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen dan observasi. Dokumen diambil dari berbagai hasil penelitian yang telah dipublikasikan di jurnal pada rentang tahun 2015-2021. Observasi dilakukan melalui pengamatan hasil pembelajaran pada sekolah tingkat menengah atas di Tulungagung. Ada 10 sekolah menengah atas yang dijadikan tempat pengamatan. Analisis data menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial relevan dengan kondisi dan kebutuhan para generasi milenial untuk pembelajaran agama Islam. Berbagai media sosial yang sering dimanfaatkan sebagai media belajar agama Islam adalah Facebook, Instagram, grup WhatsApp, dan You Tube. Apalagi masa pandemi Covid-19, media sosial memberikan kemudahan komunikasi dalam melaksanakan pembelajaran daring. Para generasi milenial juga akrab dengan berbagai media sosial dan tidak mengalami kesulitan selama proses pembelajaran. Hasil kajian ini berimplikasi pada pemahaman para pendidik dan siswa bahwa teknologi merupakan bagian dari kehidupan khususnya dalam penyelenggaraan pendidikan. Media sosial bisa dijadikan sebagai sumber belajar yang efektif bagi kalangan milenial. Para pendidik bisa melakukan inovasi dengan metode pengajaran agama Islam yang sesuai pada kebutuhan kalangan milenial sebagai native untuk teknologi.

Item Type: Article
Subjects: Artikel Dosen
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Indah 1761154013 Indah Komsiyah
Date Deposited: 13 Sep 2022 08:19
Last Modified: 13 Sep 2022 08:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30722

Actions (login required)

View Item View Item