ULFATURROCHMAH, 12211183016 (2022) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL (PhET) TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIA MAN 3 BLITAR MATERI GELOMBANG PADA TALI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) | Preview |
Abstract
Ulfaturrochmah, 12211183016, 2022, Efektifitas Penggunaan Laboratorium Virtual (PhET) Terhadap Kemampuan Analisis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA MAN 3 BLITAR Materi Gelombang pada Tali. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah. Pembimbing : Dr. Desyana Olenka Margaretta, M.Si Kata Kunci : PhET, Laboratorium Virtual, Hasil Belajar, Kemampuan Analisis Peneitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya kemampuan analisis dan hasil belajar siswa karena minimnya kegiatan percobaan di laboratorium. Oleh karena itu, diberikan media pembelajaran, salah satunya adalah PhET. Physics Education Technology (PhET) adalah media simulasi yang dikembangkan University of Colorado yang berisi simulasi pembelajaran fisika, biologi, dan kimia. Media ini menggambarkan hubungan antara fenomena kehidupan nyata dengan ilmu pengetahuan. Media ini mempunyai peranan yang penting apalagi untuk menunjang pembelajaran yaitu membantu peserta didik untuk memahami materi pembelajaran. Serta sangat efektif sebagai pengganti laboratorium nyata. Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui efektifitas penggunan laboratorium virtual (PhET) materi gelombang pada tali terhadap kemampuan analisis siswa kelas XI MIA MAN 3 BLITAR. 2. Untuk mengetahui efektifitas penggunaan laboratorium virtual (PhET) materi gelombang pada tali terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIA MAN 3 BLITAR. Penelitian ini dilakukan di MAN 3 BLITAR, dengan sampel 36 siswa di kelas eksperimen dan 36 siswa di kelas control. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasy eksperiment. Teknik sampling dengan purposive sampling. Jenis pengumpulan data dilakukan dengan pemberian soal akhir (posttest). Jenis soal yang diberikan adalah tes pilihan ganda dan tes uraian. Analisis data hipotesis menggunakan uji Independen sample T-Test (TTest) dan uji MANOVA. Hasil penelitian ini diperoleh nilai . (2-tailed) lebih kecil dari , yaitu sehingga hipotesis 1 yang diajukan diterima. Untuk hipotesis 2 diperoleh nilai . (2-tailed) lebih kecil dari , yaitu sehingga hipotesis 2 yang diajukan juga diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan laboratorium virtual PhET terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan analisis dan hasil belajar siswa kelas XI MIA MAN 3 BLITAR materi gelombang pada tali.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Pendidikan > Metode Pembelajaran Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | S1 12211183016 Ulfaturrochmah |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 01:55 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 01:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30795 |
Actions (login required)
View Item |