EFEKTIFITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL (PhET) TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIA MAN 3 BLITAR MATERI GELOMBANG PADA TALI

ULFATURROCHMAH, 12211183016 (2022) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL (PhET) TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIA MAN 3 BLITAR MATERI GELOMBANG PADA TALI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Ulfaturrochmah, 12211183016, 2022, Efektifitas Penggunaan Laboratorium Virtual (PhET) Terhadap Kemampuan Analisis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA MAN 3 BLITAR Materi Gelombang pada Tali. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah. Pembimbing : Dr. Desyana Olenka Margaretta, M.Si Kata Kunci : PhET, Laboratorium Virtual, Hasil Belajar, Kemampuan Analisis Peneitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya kemampuan analisis dan hasil belajar siswa karena minimnya kegiatan percobaan di laboratorium. Oleh karena itu, diberikan media pembelajaran, salah satunya adalah PhET. Physics Education Technology (PhET) adalah media simulasi yang dikembangkan University of Colorado yang berisi simulasi pembelajaran fisika, biologi, dan kimia. Media ini menggambarkan hubungan antara fenomena kehidupan nyata dengan ilmu pengetahuan. Media ini mempunyai peranan yang penting apalagi untuk menunjang pembelajaran yaitu membantu peserta didik untuk memahami materi pembelajaran. Serta sangat efektif sebagai pengganti laboratorium nyata. Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui efektifitas penggunan laboratorium virtual (PhET) materi gelombang pada tali terhadap kemampuan analisis siswa kelas XI MIA MAN 3 BLITAR. 2. Untuk mengetahui efektifitas penggunaan laboratorium virtual (PhET) materi gelombang pada tali terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIA MAN 3 BLITAR. Penelitian ini dilakukan di MAN 3 BLITAR, dengan sampel 36 siswa di kelas eksperimen dan 36 siswa di kelas control. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasy eksperiment. Teknik sampling dengan purposive sampling. Jenis pengumpulan data dilakukan dengan pemberian soal akhir (posttest). Jenis soal yang diberikan adalah tes pilihan ganda dan tes uraian. Analisis data hipotesis menggunakan uji Independen sample T-Test (TTest) dan uji MANOVA. Hasil penelitian ini diperoleh nilai . (2-tailed) lebih kecil dari , yaitu sehingga hipotesis 1 yang diajukan diterima. Untuk hipotesis 2 diperoleh nilai . (2-tailed) lebih kecil dari , yaitu sehingga hipotesis 2 yang diajukan juga diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan laboratorium virtual PhET terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan analisis dan hasil belajar siswa kelas XI MIA MAN 3 BLITAR materi gelombang pada tali.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: S1 12211183016 Ulfaturrochmah
Date Deposited: 11 Oct 2022 01:55
Last Modified: 11 Oct 2022 01:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30795

Actions (login required)

View Item View Item