ERIKA SINTA SARI, 12212183047 (2022) ANALISIS PEMAHAMAN SUBMIKROSKOPIK SISWA MAN 3 TULUNGAGUNG KELAS XI PADA MATERI LAJU REAKSI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (274kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (55kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (217kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Pemahaman Submikroskopik Siswa MAN 3 Tulungagung Kelas XI pada Materi Laju Reaksi” ini ditulis oleh Erika Sinta Sari, NIM. 12212183047, Program Studi Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Tutik Sri Wahyuni, M. Pd. Kata Kunci : Submikroskopik, Pemahaman, Laju Reaksi Ilmu kimia lebih mudah dipahami apabila direpresentasikan dengan tiga level representasi yaitu makroskopik, submikroskopik, dan simbolik. Salah satu materi kimia yang dianggap sulit bagi sebagian besar siswa adalah laju reaksi. Konsep-konsep pada laju reaksi yang abstrak berhubungan erat dengan pemahaman submikroskopik. Level submikroskopik adalah esensi dari ilmu kimia. Level submikroskopik menjelaskan sifat pada tingkat partikel dengan karakteristik tidak dapat dilihat dan tidak dapat disentuh, tetapi diterima kebenarannya sesuai dengan teori atom materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman submikroskopik siswa MAN 3 Tulungagung kelas XI pada materi laju reaksi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 25 siswa kelas XI MIPA 1 di MAN 3 Tulungagung. Dilakukan wawancara terhadap 9 responden. Penentuan subjek penelitian menggunakan nonprobability sampling dengan tipe purposive sampling. Instrumen tes menggunakan soal submikroskopik dalam bentuk 3D. Instrumen divalidasi oleh 2 dosen ahli dan 1 guru kimia, dengan persentase 88%. Reliabilitas soal diukur menggunakan alpha cronbach sebesar 0,699 dengan kategori tinggi. Instrumen tes dalam bentuk 10 soal uraian. Jawaban dianalisis dan dikategorikan berdasarkan kriteria pemahaman submikroskopik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata persentase pemahaman submikroskopik sebesar 34,07% dengan kriteria sangat kurang. Terdapat 8 temuan yang muncul yaitu (1) terdapat siswa yang belum mampu menentukan suatu reaksi berlangsung pada satuan waktu tertentu pada representasi submikroskopik, (2) siswa belum memahami konsep teori tumbukan efektif serta menggambarkan produk pada representasi submikroskopik, (3) ditemukan siswa mengalami kesalahan konsep pada pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi, (4) siswa belum mampu menentukan laju reaksi dengan pengaruh suhu, (5) tidak memahami luas permukaan bidang sentuh serta mengurutkan laju reaksi dari yang terbesar, (6) terdapat siswa yang mengalami kesalahan konsep pengaruh katalis terhadap laju reaksi, (7) tidak bisa menentukan laju berkurang serta laju bertambahnya suatu zat secara matematis, (8) belum bisa menentukan nilai orde reaksi, tetapan laju reaksi dan persamaan laju reaksi secara tepat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 12212183047 ERIKA SINTA SARI |
Date Deposited: | 24 Sep 2022 04:14 |
Last Modified: | 24 Sep 2022 04:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30824 |
Actions (login required)
View Item |