PENGARUH PENGGUNAAN METODE SILIH TANYA BERBANTUAN KARTU MODEL TERHADAPHASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK BANGUN RUANG KELAS VIII Di MTs AL-UMRON BENDOSEWU KABUPATEN BLITAR TAHUN AJARAN 2014/2015

HANIF PUTRIMADURATNASARI, 3214103157 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN METODE SILIH TANYA BERBANTUAN KARTU MODEL TERHADAPHASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK BANGUN RUANG KELAS VIII Di MTs AL-UMRON BENDOSEWU KABUPATEN BLITAR TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Hanif Putri Maduratnasari, NIM: 3214103157, 2015, “Pengaruh Penggunaan Metode Silih Tanya Berbantuan Kartu Model Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Bangun Ruang Kelas VIII Di MTs Al-Umron Bendosewu Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2014/2015”. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Dibimbing oleh: Dr. Muniri, M.Pd Kata Kunci : Pengaruh, Metode Silih Tanya, Hasil Belajar Seiring dengan kemajuan zaman yang modern, pendidikan juga semakin maju untuk menciptakan proses pembelajaran yang terbaik. Namun dengan kemajuan pendidikan khususnya pada pelajaran matematika, kebanyakan dari siswa masih tidak menyukai dengan pelajaran matematika yang menurutnya sulit, rumit, dan tidak menyenangkan yang berakibat pada hasil belajar siswa menjadi semakin rendah. Dengan menggunakan metode silih tanya yang terdiri dari 4 unsur, yaitu problem possing, kompetisi, kerja sama, dan permainan, siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan dan hasil belajarpun meningkat. Dalam penelitian ini berlatar belakang pada ketertarikan peneliti untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode silih tanya berbantuan kartu model terhadap hasil belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan menggunakan metode silih tanya berbantuan kartu model terhadap hasil belajar matematika. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, serta menggunakan metode pengumpulan data berupa metode tes, dokumentasi, dan observasi. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII MTs Al-Umron Bendosewu Talun Blitar. Diperoleh dengan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol, dan kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode silih tanya berbantuan kartu model terhadap hasil belajar matematika dengan hasil 0,020 ≤ 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode silih tanya berbantuan kartu model terhadap hasil belajar matematika materi pokok bangun ruang kelas VIII di MTs Al-Umron Bendosewu Kabupaten Blitar tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 3214103157 HANIF PUTRI MADURATNASARI
Date Deposited: 21 Dec 2015 04:26
Last Modified: 21 Dec 2015 04:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3087

Actions (login required)

View Item View Item