FASJRIYA AGUSTIN, 12212173020 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI ASAM BASA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
ASTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Modul Problem Based Learning (PBL) Berbasis Multipel Representasi Pada Materi Asam Basa” ditulis oleh Fasjriya Agustin, NIM 1212173020, Jurusan Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing: Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kata Kunci: E-Modul, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Multipel Representasi, Asam Basa. Keberadaan bahan ajar kimia dengan materi asam basa dalam bentuk e-modul PBL berbasis multipel representasi saat ini masih sangat terbatas. Umumnya bahan ajar masih terfokus pada materi inti saja tanpa disertai arahan proses berpikir kritis siswa dalam menemukan konsep. Oleh karena itu, pengembangan bahan ajar berupa e-modul PBL berbasis multiple representasi pada materi asam basa perlu dilakukan. Dengan terciptanya bahan ajar kimia pada materi asam basa dengan model pembelajaran PBL berbasis mutipel representasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih yaitu membantu proses pemahaman siswa. Adapun tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) Mengetahui pengembangan produk bahan ajar e-modul problem based learning (PBL) berbasis multipel representasi pada materi asam basa dan (2) Mengetahui hasil kevalidan pengembangan bahan ajar e-modul problem based learning (PBL) berbasis multipel representasi pada materi asam basa (3) Mengetahui respon siswa terhadap pengembangan bahan ajar e-modul problem based learning (PBL) berbasis multipel representasi pada materi asam basa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu tahap analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Produk dari penelitian dan pengembangan ini divalidasi oleh tiga validator yaitu dua dosen dan satu guru mata pelajaran. Respon siswa diperoleh dari hasil angket respon siswa yang melibatkan 30 siswa kelas XI MIPA 1 MAN 2 Blitar tahun 2020/2021. Hasil penelitian berupa persentase hasil validasi materi dan media dari tiga validator. Persentase hasil validasi materi dan media berturut-turut adalah 93% dan 95% yang menunjukkan bahwa e-modul valid dan layak digunakan dari segi materi maupun media. Dari hasil uji coba lapangan didapatkan bahwa respon siswa sangat baik terhadap pengembangan bahan ajar ini hal tersebut ditunjukkan dari hasil pengisian angket respon siswa yang menunjukkan persentase 89% untuk aspek tampilan e-modul, 83% untuk aspek penyajian materi dan 83% untuk aspek manfaat e-modul, sehingga didapatkan rata-rata 85% dimana angka tersebut menunjukkan bahwa e-modul PBL berbasis multipel representasi pada materi asam basa yang dikembangkan peneliti telah masuk kriteria sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berupa e-modul yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 12212173020 Fasjriya Agustin |
Date Deposited: | 25 Sep 2022 04:18 |
Last Modified: | 25 Sep 2022 04:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30878 |
Actions (login required)
View Item |