ANALISIS BERPIKIR KREATIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL LUAS BANGUN DATAR SISWA KELAS VII-G MTsN KARANGREJO TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014-2015

Alhabbah, Mochammad Ali Azis, 3214113102 (2015) ANALISIS BERPIKIR KREATIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL LUAS BANGUN DATAR SISWA KELAS VII-G MTsN KARANGREJO TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014-2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
SKRIPSIKU.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Berpikir Kreatif dalam Menyelesaikan Soal Luas Bangun Datar Siswa Kelas VII-G MTsN Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2014-2015” ini ditulis oleh M. Ali Azis Alhabbah NIM. 3214113102, Program Study Pendidikan Matematika, Jurusan Tarbiyah, IAIN Tulungagung, pembimbing: Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Analisis, Kreativitas, Menyelesaikan Soal. Latar belakang penelitian dalam skripsi ini adalah banyaknya kreativitas siswa dalam menyelesaikan suatu soal matematika yang kurang diperhatikan oleh guru sehingga kurang mampu berkembang. Anggapan tentang matematika itu sulit dan membuat pusing semakin menyulitkan siswa untuk mengembangkan kreativitasnya. Selain itu, kreativitas juga merupakan sebuah nikmat yang diberikan Alloh kepada manusia, jadi dengan mengembangkan dan memanfaatkan kreativitas yang dimiliki merupakan salah satu bentuk syukur manusia terhadap nikmat Alloh. Dengan penelitian ini, diharapkan akan menjadi motivasi siswa serta menjadi perhatian guru untuk mencari solusi dalam mengembangkan kreativitas siswanya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan Kreativitas dalam Menyelesaikan Soal Luas Bangun Datar Siswa Kelas VII-G MTsN Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2014-2015. Sehingga diharapkan akan mampu memberikan gambaran secara singkat bagaimana kreativitas siswa dalam menyelesaikan soal matematika, terutama yang berkaitan dengan soal luas bangun datar ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun tehnik yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara untuk menggali data. Observasi dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana kondisi sekolah, terutama kelas yang akan menjadi tempat penelitian sebagai cara menentukan subyek penelitian. Tes dan wawancara dilakukan untuk mengetahui lebih dalam kreativitas siswa dalam menyelesaikan soal luas bangun datar yang diberikan. Dalam penelitian ini, dipilih 6 siswa sebagai subyek penelitian. 2 siswa mewakili siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa mewakili siswa berkemampuan sedang, dan 2 siswa mewakili siswa berkemampuan kurang. Adapun pemilihan subyek penelitian ini didasarkan pada hasil observasi dan juga pertimbangan guru matematika yang mengajar siswa-siswa tersebut. Hasil temuan data menunjukkan bahwa pada siswa berkemampuan tinggi, pencapaian kreativitas pada tingkat 3. Pada siswa berkemampuan sedang, pada tingkat 3. Pada siswa berkemampuan kurang pada tingkat 2. Dan dari hasil penelitian tersebut, yang dominan muncul adalah pada tingkat 3 dan komponen yang banyak muncul adalah kefasihan dan fleksibilitas. Namun secara umum dapat disimpulkan bahwa dalam tingkat kreativitas siswa kelas ini, komponen yang sering muncul adalah komponen fleksibilitas yakni kemampuan siswa mengerjakan dengan cara lain atau cara yang berbeda, karena siswa tidak selalu mampu menjelaskan jawabannya dengan tepat, maka komponen kefasihan jarang dipenuhi oleh siswa. Beberapa siswa yang memiliki komponen kebaruan pun masih dalam level yang rendah dan masih belum mampu untuk dikatakan memiliki komponen kebaruan secara utuh.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 3214113102 M. Ali Azis Alhabbah
Date Deposited: 21 Dec 2015 06:16
Last Modified: 21 Dec 2015 06:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3089

Actions (login required)

View Item View Item