TEORI BIG BANG DALAM TAFSIR SALMAN ITB (Studi Analisis Terhadap Tafsir Salman Surat al-Nazi'at 79: (1-7) dan Surat al-'Adiyat 100: (1-5))

NASRIYATUL AKHADIYAH, 17301163002 (2021) TEORI BIG BANG DALAM TAFSIR SALMAN ITB (Studi Analisis Terhadap Tafsir Salman Surat al-Nazi'at 79: (1-7) dan Surat al-'Adiyat 100: (1-5)). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (646kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (864kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (338kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Teori Big Bang dalam Tafsir Salman ITB (Studi Analisis Terhadap Tafsir Salman Surat al-Nazi'at 79: (1-7) dan al-'Adiyat 100: (1-5) )” ini ditulis oleh Nasriyatul Akhadiyah, NIM. 17301163002, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Dr. Teguh, M.Ag. Kata Kunci: teori big bang, Tafsir Salman, tafsir ilmi Tafsir Salman adalah sebuah karya tafsir Nusantara yang bercorak 'ilmi. Tafsir ini ditulis oleh 26 pakar bidang ilmu pengetahuan dan agama di ITB. Metode yang dipakai adalah metode maudu'i. Yaitu menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an secara urut pada juz 30 yang dipandang memiliki isyarat ilmiah dengan tema tertentu. Dengan karakteristik di atas, dapat dikatakan bahwa tafsir ini adalah tafsir 'ilmi pertama di Indonesia. Keunikan lain yang membuat penulis mengambil skripsi dengan judul ini adalah adanya penafsiran yang berisi isyarat penciptaan alam semesta. Dalam hal ini adalah teori big bang. Kajian teori big bang masuk dalam kajian corak tafsir 'ilmi. Yaitu penafsiran yang mencoba mengkaji al-Qur’an secara mendalam dengan menggunakan pendekatan ilmu pengetahuan ilmiah sebagai objeknya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penafsiran Q.S. al-Nazi'at ayat 1-7 dan Q.S. al-'Adiyat ayat 1-5 dalam Tafsir Salman ITB? Dan (2) Bagaimana kesesuaian antara Tafsir Salman ITB dengan kaidah tafsir 'ilmi? Untuk melakukan penelitian ini, skripsi ini menggunakan jenis penelitian library research dengan metode analisis isi yang ditekankan pada analisis hermeneutika. Yaitu menganalisis apa yang ada dalam Tafsir Salman untuk kemudian dikritisi terkait penafsiran teori big bang-nya. Menurut Tafsir Salman, surat al-Nazi'at ayat 1-7 mengandung isyarat penafsiran sebuah fenomena. Yaitu ekspansi awal alam semesta yang membuatnya semakin luas. Fenomena ini biasa disebut big bang. Yaitu tercabutnya materi dalam alam semesta dengan keras dikarenakan adanya kepadatan, suhu, temperatur yang tidak terhingga. Sedangkan dalam surat al-'Adiyat ayat 1-5 menguraikan tentang atom-atom yang ada sebelum maupun sesudah kejadian big bang. Setelah dilakukan penelitian antara Tafsir Salman dengan kaidah tafsir 'ilmi, didapati bahwa antara keduanya memiliki kesesuaian.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Quran
Agama > Tafsir Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Al-Quran Dan Tafsir
Depositing User: 17301163002 NASRIYATUL AKHADIYAH
Date Deposited: 24 Sep 2022 02:29
Last Modified: 24 Sep 2022 02:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30890

Actions (login required)

View Item View Item