PENGARUH REGULASI DIRI DALAM BELAJAR TERHADAP STRES AKADEMIK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEATAS

NADYA AYUNDA PUTRIANI, 12308183113 (2022) PENGARUH REGULASI DIRI DALAM BELAJAR TERHADAP STRES AKADEMIK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEATAS. [ Skripsi ]

[img] Text
PENGARUH REGULASI DIRI DALAM BELAJAR TERHADAP STRES AKADEMIK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEATAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Stres akademik merupakan tekanan akademik akibat tidak seimbangnya antara kemampuan dan tuntuntan yang harus dikerjakan siswa, stres akademik dapat dipengaruhi oleh kemampuan siswa dalam merencanakan, mengelola dan mengevaluasi dirinya dalam tugas akademik. Kemampuan yang dimaksud ialah kemampuan dalam meregulasi diri, apabila siswa meningkatkan regulasi dirinya maka dapat mempengaruhi perilaku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Desain penelitian yang peneliti ambil adalah dengan menggunakan penelitian regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Ngunut sebanyak 400 siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, sebanyak 186 siswa SMAN 1 Ngunut yang didasarkan pada tabel issac dan michael dengan tingkat kesalahan 5%. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu skala regulasi diri dalam belajar dan skala stres akademik. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner/angket. Hasil penelitian ini didapatkan pengaruh regulasi diri dalam belajar dengan stres akademik berdasarkan nilai R square sebesar 32,7%. Kata kunci : Stres akademik, Regulasi diri dalam belajar, Siswa SMA

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 12308183113 Nadya Ayunda Putriani
Date Deposited: 28 Sep 2022 01:32
Last Modified: 28 Sep 2022 01:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30911

Actions (login required)

View Item View Item