LAILATUL WAKHIDAH, 12204183199 (2022) ETNOMATEMATIKA PADA MOTIF BATIK WECONO ASRI KEDIRI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (637kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (389kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (609kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (605kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (711kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (482kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Etnomatematika Pada Motif Batik Wecono Asri Kediri Dalam Pembelajaran Matematika” ini ditulis oleh Lailatul Wakhidah, NIM. 12204183199. Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D Kata – kata kunci: Etnomatematika, Pembelajaran Matematika, Budaya, Batik Etnomatematika merupakan suatu bidang ilmu yang mempelajari hubungan antara matematika dengan budaya yang terdapat di lingkungan sekitar kita. Matematika yang bernuansa budaya dapat memberikan sebuah kontribusi yang sangat besar bagi peserta didik, baik dari segi pembelajaran maupun untuk pengenalan budaya serta dapat melestarikan budaya kita. Dengan menggabungkan antara matematika dengan budaya, merupakan langkah awal dari pengajaran matematika yang berbeda dari biasanya dan menarik untuk siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas etnomatematika pada motif batik Wecono Asri (2) Untuk mengetahui konsep matematika pada motif batik Wecono Asri (3) Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran yang berkaitan dengan etnomatematika pada motif batik Wecono Asri. Menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Adanya aktivitas etnomatematika berupa aktivitas mengukur yang dilakukan untuk menentukan besar kecilnya motif batik dan aktivitas menentukan lokasi motif batik yang dilakukan untuk menentukan jarak motif batik satu dengan yang lainnya (2) Adanya konsep matematika berupa konsep geometri dan transformasi geometri pada motif batik (3) Adanya perencanaan pembelajaran berupa RPP berbasis etnomatematika.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183199 LAILATUL WAKHIDAH |
Date Deposited: | 28 Sep 2022 02:25 |
Last Modified: | 28 Sep 2022 02:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30952 |
Actions (login required)
View Item |