PROSES BERPIKIR DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI TURUNAN FUNGSI BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA TERPADU DARUR ROJA’ SELOKAJANG BLITAR TAHUN AJARAN 2014/2015

MAKRUS ALI ZUBAIDAH, 3214113018 (2015) PROSES BERPIKIR DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI TURUNAN FUNGSI BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA TERPADU DARUR ROJA’ SELOKAJANG BLITAR TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1.sampul.pdf

Download (416kB) | Preview
[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Abstrak : pendidikan merupakan suatu kebutuhan untuk semua manusia, dengan pendidikan yang memadai akan memberikan pengaruh besar terhadap daya manusia yang handal dan tangguh menghadapi perubahan peradaban yang semakin modern. Berbagai upaya pemahaman dan penguasaan siswa terhadap matematika telah banyak di lakukan, misalnya dengan menyempurnakan kurikulum, penerbitan buku paket pengembangan metode pengajaran. Kemampuan lulusan suatu jenjang pendidikan sesuai dengan tuntutan penerapan kurikulum berbasis kompetensi mencangkup tiga ranah, yaitu kemampuan berpikir, keterampilan pekerjaan dan perilaku. Setiap peserta didik memiliki potensi pada ketiga ranah tersebut, namun tingkatanya satu sama lain berbeda, di antaranya ada peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir tinggi dan perilaku amat baik namun keterampilanya rendah. Demikian sebaliknya ada peserta didik yang memiliki kemampuan rendah, namun memiliki keterampilan tinggi dan perilaku amat baik. Ada pula peserta didik yang mimiliki kemampuan berpikir dan kemampuanya sedang saja. Tetapi memiliki perilaku baik. Jarang sekali peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir rendah, keterampilan rendah dan perilaku kurang baik. Peserta didik seperti itu akan mengalami kesulitan bersosialisasi dengan masyarakat, karena tidak mempunyai potensi bermasyarakat. Dalam pelajaran matematika, termasuk penyelesaian masalah matematika, siswa melakukan proses berpikir. Dalam benak siswa terjadi proses sehingga siswa dapat jawaban. Proses berpikir adalah aktivitas yang terjadi dalam otak manusia. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin mengetahui bagaimanakah proses berpikir dalam menyelesaikan masalah turunan fungsi berdasarkan kemampuan matematika tingkat rendah, sedang dan tinggi pada siswa kelas XI SMA Terpadu Darul Roja’ selokajang. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah soal turunan fungsi pada siswa berkemampuan rendah, sedang dan tinggi siswa kelas XI SMA Terpadu Darul Roja Selokajang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan mengacu pada tes tulis dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI dengan subjek penelitian berjunlah 16 siswa. Metode pengumpulan data di gunakan adalah (1) tes, untuk mengetahui kemampuan matematika dan hasil belajar siswa (2) wawancara, untuk mengambil lebih banyak informasi dari subjek. Hasil dari penelitian menunjukkan proses berpikir siswa berkemampuan tinggi adalah konseptual. Proses berpikir siswa berkemampuan sedang semikonseptual. Sedangkan siswa berkemampuan redah adalah komputasional. Kata kunci : Proses Berpikir, Soal Turunan Fungsi, Kemampuan Matematika, Konseptual

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S. Pd. I 3214113018 makrus ali zubaidah
Date Deposited: 22 Dec 2015 08:43
Last Modified: 22 Dec 2015 08:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3107

Actions (login required)

View Item View Item