STUDI KOMPARASI KURIKULUM MATEMATIKA SMA ANTARA INDONESIA DAN THAILAND TAHUN 2015

RIZA RIZQIANI, 3214113026 (2015) STUDI KOMPARASI KURIKULUM MATEMATIKA SMA ANTARA INDONESIA DAN THAILAND TAHUN 2015. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (842kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (379kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (140kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Studi Komparasi Kurikulum Matematika SMA Antara Indonesia dan Thailand Tahun 2015” ini ditulis oleh Riza Rizqiani, NIM. 3214113026. Pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Studi Komparasi, Kurikulum, Matematika Menurut The Global Competitiveness Report 2011-2012 Forum, Indonesia menempati posisi 46 dari 142 negara di dunia. Pada kawasan ASEAN posisi daya saing Indonesia dibawah Singapura (peringkat 2), Malaysia (peringkat 21), dan Thailand (peringkat 39). Sedangkan Dalam hal literasi matematika dan sains, hasil studi Trends Internasional Mathematics and Science Study (TIMMS) tahun 2007, Indonesia hanya mampu menempati peringkat 36 dari 49 negara, dengan pencapaian skor 405 dan masih dibawah skor rata-rata internasional yaitu 500. Sedangkan dari hasil studi TIMMS tahun 2007 menunjukkan bahwa Thailand menduduki urutan ke 29 dengan skor 441. Salah satu upaya untuk mengenal dan mempelajari kurikulum matematika negara lain termasuk Thailand adalah melalui studi komparasi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan masing-masing struktur kurikulum matematika SMA di Indonesia dan di Thailand. Kemudian melakukan studi perbandingan sehingga diperoleh persamaan dan perbedaan antara keduanya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepustakaan. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu: (1) Wawancara, dan (2) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Flow Model dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data dilakukan dengan cara: (1) menyajikan data, (2) membandingkan data hasil wawancara dan dokumentasi, (3) menyimpulkan data. Hasil temuan penelitian adalah: (1) Kurikulum matematika SMA di Indonesia dibagi menjadi dua yaitu matematika wajib dan matematika program peminatan Matematika dan Ilmu Alam (MIA). Porsi jam belajar adalah 7/8 x 45 menit dalam seminggu. Tujuan pembelajaran terimplementasi pada SKL berdasarkan aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kemudian SKL dikembangkan ke dalam KI dan KD. Terdapat 54 KD (2) Kurikulum matematika SMA di Thailand dibagi menjadi dua yaitu knit sat phen than (matematika asah) dan (knit sat phem them (matematika tambah). Dengan porsi jam belajar 6 x 60 menit seminggu. Tujuan pembelajaran berdasarkan aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik yang terukur melalui leaner’s quality. Tujuan pembelajaran dikembangkan menjadi 14 standar kompetensi knit sat phen than. (3) (a) Persamaan: Tujuan pembelajaran matematika SMA Indonesia dan Thailand berdasarkan pada tiga aspek, aspek sikap, kemampuan, dan keterampilan, porsi jam belajar dalam satu minggu tidak lebih dari 360 menit, materi terbanyak yang dipelajari adalah aljabar (b) Perbedaan: Indonesia membagi matematika SMA berdasarkan pilihan bakat dan minat peserta didik sedangkan Thailand tidak karena matematika diajarkan sama pada semua jurusan di SMA, Materi matematika SMA di Indonesia lebih banyak dengan 54 KD yang semuanya dijadikan materi UN dengan materi pokok geometri dan pengukuran, aljabar, trigonometri, kalkulus, dan statistika dan peluang, sedangkan Thailand hanya memiliki 14 standar kompetensi pada knit sat phen than yang dijadikan materi O-net dengan materi pokok bilangan dan operasinya, geometri, aljabar, statistika dan peluang, dan kemampuan matematika dan proses, Kurikulum matematika SMA di Indonesia mempelajari geometri sedangkan Thailand tidak karena sudah diajarkan pada jenjang sebelumnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 3214113026 RIZA RIZQIANI
Date Deposited: 29 Dec 2015 04:30
Last Modified: 29 Dec 2015 04:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3116

Actions (login required)

View Item View Item