PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT SISWA KELAS X SMAN 1 PLEMAHAN

KRISTALIA ZAKIYYATUL MAHARANI, 12212183074 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT SISWA KELAS X SMAN 1 PLEMAHAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (677kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran E-learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Siswa Kelas X SMAN 1 Plemahan” ini ditulis oleh Kristalia Zakiyyatul Maharani, NIM. 12212183074, pembimbing Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. Kata Kunci: e-learning, hasil belajar, larutan elektrolit dan non elektrolit Pada proses pembelajaran, siswa seringkali menganggap bahwa mata pelajaran kimia itu sulit. Salah satu materi kimia yang bersifat abstrak adalah larutan elektrolit dan non elektrolit. Selain itu, media yang digunakan guru cenderung kurang menarik minat siswa untuk belajar, sehingga menyebabkan pembelajaran kurang efektif dan kurang menyenangkan. Penggunaan media pembelajaran secara kreatif dapat memperlancar dan meningkatkan efisiensi pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penggunaan media e- learning sedang marak digunakan pada masa pandemi. Agar proses pembelajaran yang dilakukan secara daring menjadi efektif. Penggunaan e-learning melalui edmodo dalam proses pendidikan yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada siswa terhadap informasi atau materi yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran e- learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia materi larutan elektrolit dan non elektrolit siswa kelas X SMAN 1 Plemahan Tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X- IPA 1 untuk kelas kontrol sebanyak 33 siswa dan X-IPA 4 untuk kelas eksperimen sebanyak 34 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen tes hasil belajar divalidasi oleh dosen dan guru kimia, kemudian dilakukan uji coba yang menghasilkan 20 soal valid dan reliabilitas soal sebesar 0,888 dengan kriteria sangat baik. Pengambilan data dilakukan menggunakan tes berupa pilihan ganda dan analisis data menggunakan uji paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran e-learning lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Peningkatan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa N-Gain kelas X IPA-4 (eksperimen) sebesar 56,53 dengan kategori cukup efektif, sedangkan N-Gain kelas X IPA-1 (kontrol) sebesar 55,57 dengan kategori kurang efektif. Dari hasil analisis diperoleh bahwa nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia materi materi larutan elektrolit dan larutan non elektrolit siswa kelas X SMAN 1 Plemahan tahun pelajaran 2021/2022

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212183074 Kristalia Zakiyyatul Maharani
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:57
Last Modified: 11 Oct 2022 02:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31162

Actions (login required)

View Item View Item