SITI AMINAH, 12211183003 (2022) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK DENGAN MENGGUNAKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH (FOUR TIER DIAGNOSTIC TEST) KELAS XI IPA MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (543kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (269kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (331kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (645kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (576kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (396kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Gelombang Mekanik Dengan Menggunakan Soal Pemecahan Masalah (Four Tier Diagnostic Test) Kelas XI IPA Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Aminah dari Program Studi Tadris Fisika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmtullah Tulungagung dengan NIM. 12211183003 dan dibimbing oleh Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si. Kata kunci: Miskonsepsi, Tes Diagnostik Four Tier, Gelombang Mekanik Penelitian ini berfokus pada pentingnya pemahaman konsep dalam materi gelombang mekanik bagi siswa kelas XI IPA di MA Darul Hikmah Tawangsari Kabupaten Tulungagung. Siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep gelombang mekanik. Identifikasi miskonsepsi pada materi gelombang mekanik perlu dilakukan agar siswa tidak mengalami miskonsepsi yang tinggi dan guru bisa memperbaiki metode mengajar. Miskosepsi diidentifikasi dengan tes diagnostik four tier karena dalam tes tersebut guru bisa mengetahui pilihan jawaban dan alasan jawaban serta tingkat keyakinan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk:1) Untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa kelas XI MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung pada gelombang mekanik dengan menggunakan tes diagnostik four tier. 2) Untuk mendeskripsikan faktor penyebab siswa kelas XI MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung mengalami miskonsepsi pada materi gelombang mekanik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif jenis deskriptif. Instrumen utama yang digunakan pada penelitian yaitu tes diagnostik four tier. Tes tersebut dapat menemukan kriteria pemahaman konsep siswa. Kriteria pemahaman konsep yaitu paham, tidak paham, dan miskonsepsi. Setelah melaksanakan tes selanjutnya dilakukan wawancara untuk mengetahui faktor penyebab miskonsepsi Skripsi ini bermanfaat bagi siswa meningkatkan dalam menguasai konsep sehingga dapat mengurangi miskonsepsi yang terjadi. Bagi guru sebagai referensi untuk memilih tes yang beragam guna mendeteksi kemungkinan terjadinya miskonsepsi siswa. Bagi sekolah dapat digunakan untuk meningkatkan mutu siswa dan membantu mengurangi kemungkinan terjadinya miskonsepsi. Bagi peneliti lain digunakan sebagai referensi untuk mendukung penelitian yang dilakukan Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Miskonsepsi siswa kelas XI IPA MA Darul Hikmah Tawangsari pada materi gelombang mekanik yaitu 41,02%. Kriteria menebak pada gelombang mekanik yaitu 7,6 %. Kriteria tidak paham pada materi gelombang mekanik yaitu 26,15%. Kriteria paham pada materi gelombang mekanik yaitu 25,12%. Berdasarkan hasil tersebut miskonsepsi pada materi gelombang mekanik menunjukkan angka tinggi. 2) Faktor yang menjadi penyebab terjadi miskonsepsi siswa pada materi gelombang mekanik antara lain yaitu, prakonsepsi siswa yang salah, kurangnya sumber belajar dan fasilitas belajar yang mendukung, banyaknya rumus yang harus diingat, metode mengajar, dan kurangnya minat baca siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 12211183003 Siti Aminah |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 04:06 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 04:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31163 |
Actions (login required)
View Item |