PROBLEMATIK PEMBELAJARAN DARING MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI-IPS 3 SMA NEGERI 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022

MOCHAMAD FAUZI SETIAWAN, 17210163069 (2021) PROBLEMATIK PEMBELAJARAN DARING MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI-IPS 3 SMA NEGERI 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (81kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK Mochamad Fauzi Setiawan 2021. “Problematik Pembelajaran Daring Menulis cerpen Siswa Kelas XI – IPS 3 SMA Negeri 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2021/ 2022. Skripsi Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing :Muyassaroh, S.S., M.Pd. Kata Kunci : problematik, pembelajaran daring. Adanya virus Covid19 yang berkembang hampir di seluruh termasuk Indonesia mengakibatkan semua aktivitas yang semua dilakukan secara langsung kini harus dilakukan di rumah secara daring , tidak terkecuali dengan dunia pendidikan yang semula pembelajaran dilakukan secara langsung di sekolah (luring) karena adanya virus tersebut maka pembelajaran dilakukan di rumah dengan sistem daring. Sistem daring merupakan hal yang baru bagi guru dan siswa tidak terkecuali pada pembelajaran bahasa Indonesia lebih tepatnya pada materi menulis cerpen pada kelas kelas XI-IPS 3 di SMA Negeri 1 Tulungagung pada tahun ajaran 2021/ 2022. Pembelajaran daring menulis cerpen di kelas tersebut mengalami problematik problematik pada pembelajaran menulis cerpen melalui daring. Problematik problematik pembelajaran daring menulis cerpen di kelas tersebut antara lain adalah problematik pada peramgkat pembelajaran yang berupa RPP. Problematik pada media pembelajaran yang digunakan di kelas tersebut, problematik pada penyampaian materi menulis cerpen melalui daring di kelas tersebut, problematik pada penggunaan aplikasi pembelajaran menulis cerpen, problematik pada pemberian tugas pada pembelajaran daring memulis cerpen, problematik pada cara penilaian serta solusi guru atas problematik pada pembelajaran daring menulis cerpen di kelas tersebut. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah problematik menulis cerpen siswa kelas XI-IPS 3 SMA Negeri 1 Tulungagung Tahun ajaran 2021/2022 dan solusi atas problematik promatik pembelajaran daring menulis cerpen siswa kelas XI-IPS 3 SMA Negeri 1 Tulungagung tahun ajaran 2021/ 2022. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah dari hasil wawancara peneliti dengan narasumber (guru bahasa Indonesia kelas XI-IPS 3. Teknik wawancara digunakan untuk memperoleh informasi tentang problematik problematik yang terjadi pada pembelajaran daring menulis cerpen di kelas XI-IPS SMA Negeri 1 Tulungagung tahun ajaran 2021/ 2022.Dokumentasi dalam penelitian ini digunakan sebagai pelengkap data dan sebagai bukti bahwa peneliti sudah melakukan penelitian di sekolah tersebut. Hasil penelitian berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan narasumber (guru bahasa Indonesia kelas XI-IPS), yaitu terdapat berbagai problematik problematik pada pembelajaran daring menulis cerpen di kelas XI-IPS 3 yaitu problematik pada perangkat pembelajaran berupa RPP yaitu ketidaksesuaian ketika guru mengajar di kelas tersebut secara daring dengan langkah lamgkah yang di tulis pada RPP., problematik pada penggunaan media yaitu guru tidak bisa menggunakan media audio visual pada pembelajaran menulis cerpen secara daring di kelas tersebut, problematik pada penyampaian materi yaitu guru hanya menyampampaikan materi secara searah dan siswa di suruh untuk memahami materi yang telah di berikan oleh guru secara mandiri di rumah., problematik pada penggunaan aplikasi penbelajaran daring yaitu banyak guru terutama yang sudah tua dalam cara menggunakan aplikasi pembelajaran daring (Google Clasroom) dalam pembelajaran daring terutama dalam pembelajaran daring menulis cerpen di kelas XI- IPS., problematik pada pemberian tugas juga terdapat problematik adalah banyak siswa yang mendapatkan nilai bagus tetapi belum tentu nilai yang di dapatkan merupakan nilai hasil sendiri atau hasil karya orang lain. Atas promatik yang terjadi terdapat solusi untuk mengatasinya antara lain guru berusaha memberikan tanya jawab supaya siswa benar benar paham dengan materi yang diajarkan, guru memberingkasan materi supaya siswa mudah dalam memahaminya, guru memberikan kelonggaran waktu pengumpulan tugas., serta guru dan wali kelas memberi motivasi kepada siswa yang kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran daring khususnya dalam pembelajaran menulis cerpen.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 17210163069 MOCHAMAD FAUZI SETIAWAN
Date Deposited: 14 Oct 2022 04:08
Last Modified: 14 Oct 2022 04:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31206

Actions (login required)

View Item View Item