KEMAMPUAN BERFIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI ALJABAR KELAS VII DI MTsN 10 BLITAR

MUHAMMAD SAIFUL ULUM ARROSYID, 12204183157 (2022) KEMAMPUAN BERFIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI ALJABAR KELAS VII DI MTsN 10 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (612kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Selama ini kecendrungan para guru matematika kurang mengoptimalkan kemampuan berpikir matematika siswa dalam pembelajaran, terutama kemampuan berpikir reflektif. Salah satu kemampuan berpikir adalah berpikir reflektif. Kemampuan berpikir reflektif menurut Surbeck, Han, dan Moyer memiliki 3 fase/tingkatan yaitu reacting, comparing, dan contemplating. Pertama, reacting adalah bereaksi dengan pemahaman pribadi terhadap masalah matematis dengan berfokus pada sifat alami situasi. Kedua, comparing adalah melakukan analisis dan klarifikasi pengalaman individual, serta makna dan informasi-informasi untuk mengevaluasi apa yang diyakini dengan cara membandingkan reaksi dengan pengalaman yang lain. Ketiga, contemplating adalah fokus terhadap suatu kemampuan pribadi dalam proses – proses seperti menguraikan, menginformasikan, mempertimbangkan, dan merekonstruksi situasi atau masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif siswa dalam memecahkan masalah matematika materi aljabar kelas VII C di MTsN 10 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C di MTsN 10 Blitar semester genap tahun pelajaran 2021/2022 dan sebagai sumber data 3 siswa dari 33 siswa. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah- langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data dilakukan dengan cara: 1) menyajikan data, 2) membandingkan data hasil tes dengan wawancara yang dilakukan terhadap siswa, dan 3) menyimpulkan data. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir reflektif siswa: 1) Pada penyelesaian soal untuk siswa kategori reflektif, siswa mampu memenuhi semua fase berpikir reflektif yaitu reacting, comparing, dan contemplating pada setiap jawaban soal. 2) Pada penyelesaian soal untuk siswa yang memiliki kemampuan cukup reflektif, siswa hanya mampu memenuhi 2 fase berpikir reflektif yaitu reacting, dan comparing. 3) Pada penyelesaian soal untuk siswa kemampuan kurang reflektif, sebagian besar siswa hanya mampu memenuhi fase reacting. Kata Kunci : Berpikir Reflektif, Pemecahan Masalah, Materi Aljabar

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183157 Muhammad saiful ulum arrosyid
Date Deposited: 24 Oct 2022 01:38
Last Modified: 24 Oct 2022 01:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31257

Actions (login required)

View Item View Item