PANDANGAN TOKOH PEREMPUAN TENTANG SUAMI SHALIH DITINJAU DARI PERSPEKTIF QIRAAH MUBADALAH (Studi Kasus di Desa Gilang Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung)

MOHAMMAD GITA NANDA RIZKY, 12102173101 (2022) PANDANGAN TOKOH PEREMPUAN TENTANG SUAMI SHALIH DITINJAU DARI PERSPEKTIF QIRAAH MUBADALAH (Studi Kasus di Desa Gilang Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (971kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (260kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)

Abstract

ABSTRAK Mohammad Gita Nanda Rizky, NIM 12102173101, Pandangan Tokoh Perempuan tentang Suami Shalih ditinjau dari Perspektif Qiraah Mubadalah (Studi Kasus di Desa Gilang Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung), Jurusan Hukum Keluarga Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2022, Pembimbing: Dr. Zulfatun Ni’mah, M. Hum. Kata kunci : Suami shalih, Pandangan dan Tokoh Perempuan Suami shalih adalah komponen penting yang dapat menjadikan suatu keluarga menjadi keluarga yang harmonis. Namun, di Desa Gilang materi suami shalih jarang menjadi objek pembahasan dalam pengajian-pengajian, termasuk pengajian yang diikuti oleh kaum perempuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana pandangan tokoh masyarakat perempuan di Desa Gilang Kecamata Ngunut Kabupaten Tulungagung tentang kriteria suami shalih ? 2) Bagaimana pandangan tokoh masyarakat perempuan di Desa Gilang Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung tentang suami shalih ditinjau dari perspektif qiraah mubadalah ? Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara. Sedangkan teknik analisa data menggunakan proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh, catatan lapangan dikategorikan, dijabarkan ke dalam unit – unit, memilih mana yang penting dan membuat kesimpulan sehingga mudah dipahami diri sendiri ataupun orang lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pandangan tokoh masyarakat perempuan di Desa Gilang Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung tentang kriteria suami shalih adalah suami yang beragama islam dapat membimbing istri pada jalan yang lurus dan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. dapat menjadi pemimpin, panutan bagi keluarganya, berpengetahuan luas dan bertanggungjawab terhadap keluarga, dan sebagai panutan juga teladan bagi keluarganya. Para tokoh perempuan di masyarakat Desa Gilang Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung memandang bahwa suami saleh sangat penting namun lebih penting istri shalihah karena istri sebagai pendengar dan konselor seorang suami, juga sebagai madrasah bagi putra – putrinya. Istri adalah partner dalam hidup dan kebahagiaan dalam keluarga harus diwujudkan bersama. 2) Ditinjau dari perspektif qiraah mubadalah pandangan tokoh perempuan di Desa Gilang Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung tentang suami shalih belum menunjukkan pemahaman pentingnya hubungan timbal balik atau saling menguntungkan antara suami dan istri karena masih menempatkan istri shalihah lebih penting daripada suami shalih.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 12102173101 MOHAMMAD GITA NANDA RIZKY
Date Deposited: 28 Oct 2022 03:57
Last Modified: 28 Oct 2022 03:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31301

Actions (login required)

View Item View Item