PENGEMBANGAN MEDIA TEKA—TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV DI MIN 4 TULUNGAGUNG

DESY SAPUTRI, 128505203007 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA TEKA—TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img] Text
COVER-1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (285kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan Media Teka-Teki Silang untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV di MIN 4 Tulungagung” ditulis oleh Desy Saputri, NIM. 128505203007 dengan dosen pembimbing Dr. Eni Setyowati, M.M. dan Prof. Dr. Ahmad Tanzeh,M.Pd.I. Kata Kunci: Pengembangan Media, Teka-Teki Silang, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai peserta didik dalam muatan pelajaran IPA dan masih kurangnya variasi media pembelajaran. Media pembelajaran memiliki peran yang cukup penting dalam keberhasilan proses belajar mengajar. Kehadiran media dalam proses pembelajaran akan membantu peserta didik dalam memahami materi ajar. Selama ini, media yang sering digunakan adalah berupa gambar yang cukup mudah didapatkan. Hal inilah yang membuat peneliti ingin mengembangkan media pembelajaran berupa teka-teki silang sebagai variasi media pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana desain pengembangan media teka-teki silang untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV di MIN 4 Tulungagung? (2) Bagaimana kevalidan penggunaan pengembangan media teka-teki silang untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV di MIN 4 Tulungagung? (3) Bagaimana keefektifan pengembangan media teka-teki silang untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV di MIN 4 Tulungagung? Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan milik Borg and Gall. Peneliti mencukupkan langkah penelitian ini sampai pada tahap ke tujuh. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan pada peserta didik kelas IV MIN 4 Tulungagung. Produk yang dikembangkan adalah teka-teki silang yang akan diuji kevalidanya dengan instrumen angket ahli media dan ahli materi. Metode analisis data yang digunakan untuk mengetahui keefektifan media teka-teki silang dalam meningkatkan hasil belajar IPA adalah dengan membandingkan kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan uji-t dengan bantuan software SPSS for windows versi 21. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa media teka-teki silang. Pengembangan media teka-teki silang dimulai dengan pengumpulan data lapangan, menentukan mata pelajaran serta materi yang akan digunakan. Selanjutnya, kompetensi dasar dijabarkan menjadi indikator yang nantinya akan dijadikan acuan dalam membuat pertanyaan pada permainan teka-teki silang. Jawaban dari pertanyaan tersebut kemudian diatur sedemikian rupa agar saling berkaitan satu sama lain. Untuk mempermudah proses penyusunan teka-teki silang, peneliti menggunakan Ms. Excel. Selanjutnya, peneliti menambahkan gambar-gambar yang disesuaikan dengan materi ajar. (2) Media teka-teki silang ini valid sehingga layak digunakan dalam meningkatkan hasil belajar IPA. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji kevalidan oleh tiga ahli media dengan rata-rata sebesar 86% dan tiga ahli materi dengan rata-rata sebesar 92%. (3) Media pembelajaran teka-teki silang efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dibuktikan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen yang melakukan pengajaran dengan menggunakan media pembelajaran berupa teka-teki silang dengan kelas kontrol yang melakukan pengajaran tanpa menggunakan media pembelajaran teka-teki silang. Hal ini didasarkan pada nilai signifikansi yang didapat dari hasil uji-t adalah 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 128505203007 Desy Saputri
Date Deposited: 01 Nov 2022 09:12
Last Modified: 01 Nov 2022 09:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31324

Actions (login required)

View Item View Item