IMPLIKASI PERAN WANITA BURUH INDUSTRI TERHADAP KEWAJIBAN MENGURUS ANAK PERSPEKTIF FIKIH HADANAH (Studi Kasus Karyawan PT. Tae Kwang di Desa Kertanegara, Kecamatan Haurgeulis, Kabupaten Indramayu)

KHOERUNNISAH, 12102183100 (2022) IMPLIKASI PERAN WANITA BURUH INDUSTRI TERHADAP KEWAJIBAN MENGURUS ANAK PERSPEKTIF FIKIH HADANAH (Studi Kasus Karyawan PT. Tae Kwang di Desa Kertanegara, Kecamatan Haurgeulis, Kabupaten Indramayu). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (924kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (520kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (865kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (869kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (452kB)

Abstract

Khoerunnisah, 12102183100, Implikasi Peran Wanita Buruh Industri Terhadap Kewajiban Mengurus Anak Perspektif Fikih Hadanah (Studi Kasus Karyawan PT. Tae Kwang di Desa Kertanegara Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu), Program Studi Hukum Keluarga Islam, Jurusan Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid ali Rahmatullah Tulungagung, 2022, Pembimbing Dr. Kutbuddin Aibak, S.Ag., M.H.I. Kata Kunci: Peran Wanita, Buruh Industri, Fikih Hadanah Penelitian ini dilatarbelakangi adanya aktifitas yang dilakukan wanita buruh industri di Desa Kertanegara Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu dalam membagi waktu antara pekerjaan dan pengasuhan anak. Ketika wanita lebih banyak waktunya bekerja di luar rumah, anak tidak dapat merasakan peran ibu di rumah sepenuhnya. Pengasuhan yang diserahkan kepada orang lain juga berpengaruh terhadap kepribadian anak baik dan buruknya. Anak juga akan terbiasa dengan pengasuh daripada dengan orang tua, sehingga orang tua terutama ibu tidak dapat mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anak sepenuhnya secara mendalam. Fokus penelitian ini tentang implikasi peran wanita buruh industri terhadap anak dengan pertanyaan sebagai berikut: 1) Bagaimana Peran dan upaya wanita buruh industri dalam kewajiban mengurus anak di desa Kertanegara kecamatan Haurgeulis kabupaten Indramayu? 2) Bagaimana perspektif fikih hadanah terhadap peran wanita buruh industri mengenai kewajiban mengurus anak di desa Kertanegara kecamatan Haurgeulis kabupaten Indramayu? Jenis metode penelitiannya menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan cara wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Sedangkan dalam teknis analisis datanya menggunakan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Tehnik pengolahan keabsahan data menggunakan strategi triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi tehnik dan waktu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implikasi peran wanita buruh industri terhadap anak di desa Kertanegara kecamatan Haurgeulis kabupaten Indramayu: 1) Dampak yang ditimbulkan oleh pekerjaan buruh industri cenderung negatif bagi kebutuhan imaterial anak-anak di Desa Kertanegara Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu. Ibu yang sudah lama keluar rumah dalam hal ini bekerja, sehingga yang terjadi adalah kurangnya waktu untuk memberikan perhatian, kasih sayang, memberikan stimulasi, intervensi dini pada anak untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan mereka. 2) kewajiban memberikan nafkah batiniah/immaterial anak yang diperoleh dari peran ibunya sebagai pekerja buruh industri di Desa Kertanegara Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu tidak didapatkan secara sepenuhnya. Hak anak dalam kebutuhan immaterial juga tak kalah penting, kewajiban seorang ibu terhadap anak bersifat urgen jika ditinggalkan dalam kurun waktu jangka panjang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Islam
Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 12102183100 Khoerunnisah
Date Deposited: 01 Nov 2022 09:55
Last Modified: 01 Nov 2022 09:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31348

Actions (login required)

View Item View Item