KONTESTASI SALAWAT DI YOUTUBE (Studi Perbandingan Salawat Syubbanul Muslimin dan At- Taufiq)

DIYA’ ANNISAUL FAUZIAH, 12311183003 (2022) KONTESTASI SALAWAT DI YOUTUBE (Studi Perbandingan Salawat Syubbanul Muslimin dan At- Taufiq). [ Skripsi ]

[img] Text
KONTESTASI SALAWAT DI YOUTUBE (STUDI PERBANDINGAN SALAWAT SYUBBANUL MUSLIMIN DAN AT- TAUFIQ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam pengembangan dakwah perlu adanya penggunaan media yang sesuai dengan minat masyarakat, teknologi juga berperan penting dalam pengembangan dakwah. Youtube dikenal oleh kalangan masyarakat secara luas dan mampu memberikan video sesuai dengan keinginan pelanggan sehingga mampu menyediakan layanan salawat dalam pengembangan dakwah. Tujuan dibuatnya jurnal ini adalah untuk mengetahui bahwa youtube adalah media dakwah yang tepat digunakan kepada masyarakat, salawat yang paling ditekankan dalam media dakwah karena salawat merupakan seni yang mayoritas diminitai oleh masyarakat. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan analisis kritis, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi dan wawancara. Penelitian ini dilakukan agar masyarakat memahami kontestasi antara salawat Syubbanul Muslimin dan Majelis Pemuda Bersalawat (MPB) At-Taufiq dalam pengembangan dakwah dan dampak persaingan salawat Syubbanul Muslimin dan At-Taufiq dalam perkembangan dakwah pada netizen. Dengan adanya jurnal ini akan muncul permasalahan Mengapa terdapat kontestasi antara Syubbanul Muslimin dan At-Taufiq dalam pengembangan dakwah? Dan apa dampak persaingan salawat Syubbanul Muslimin dan At-Taufiq dalam perkembangan dakwah bagi netizen? hasil penelitian jurnal ini menjelaskan bahwa kedua salawat tersebut memiliki persaingan yang sehat dalam memberikan daya tarik pada masyarakat, sebagai salah satu upaya dalam pengembangan dakwah. Beberapa netizen mengungkapkan bahwa persaingan kedua grub tersebut justru memberikan dampak positif dalam dunia dakwah melalui youtube, bahwa youtube mampu memberikan kebebasan mengakses pada pengikutnya salah satunya sebagai media dakwah yang efektif. Kata Kunci: Dakwah, Salawat, Youtube.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: 12311183003 Diya' Annisaul Fauziah
Date Deposited: 07 Nov 2022 01:49
Last Modified: 07 Nov 2022 01:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31393

Actions (login required)

View Item View Item