Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs. Assyafiiyah Gondang Pada Materi Hubungan Sudut Pusat, Panjang Busur, Luas Juring dalam Pemecahan Masalah.

Perdana, Putri Mayang (2014) Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs. Assyafiiyah Gondang Pada Materi Hubungan Sudut Pusat, Panjang Busur, Luas Juring dalam Pemecahan Masalah. [ Skripsi ]

[img] Text
Bagian Awal Skripsi 2.docx

Download (110kB)
[img] Text
SKRIPSI ISI.docx

Download (197kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SAYA.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Metode Problem Solving, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta yang menyatakan bahwa memecahkan suatu masalah merupakan suatu aktivitas dasar bagi manusia. Kenyataan menunjukkan sebagian besar kehidupan manusia adalah berhadapan dengan masalah-masalah. Kita perlu mencari penyelesaiannya. Bila kita gagal dengan suatu cara untuk menyelesaikan masalah, kita harus mencoba menyelesaikannya dengan cara lain. Begitupun dalam hal belajar mengajar di sekolah. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di MTs. Assyafiiyah Gondang diketahui bahwa siswa masih banyak yang merasa kesulitan dalam menyelesaikan berbagai masalah matematika. Kegagalan pendidik dalam menyampaikan materi ajar bukan selalu karena ia tidak menguasai materi ajar tersebut, tetapi karena ia tidak tahu bagaimana cara menyampaikan materi tersebut dengan baik dan tepat sehingga peserta didik dapat belajar dengan menyenangkan. Salah satu metode pembelajaran yang mengutamakan pemecahan masalah adalah metode problem solving. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode problem solving di kelas VIII MTs. Assyafi‟iyah Gondang pada materi hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring, (2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas VIII MTs. Assyafi‟iyah Gondang pada materi hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring dengan metode problem solving? (3) Apakah ada pengaruh metode problem solving terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs. Assyafiiyah Gondang pada materi hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring, dan (4) Berapa besar pengaruh metode problem solving terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs. Assyafiiyah Gondang pada materi hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan metode problem solving pada siswa kelas VIII MTs. Assyafi‟iyah Gondang pada materi hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring, (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII MTs. Assyafi‟iyah Gondnag pada materi hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring dengan metode problem solving, (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh metode problem solving terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs. Assyafiiyah Gondang pada materi hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dan (4) Untuk mengetahui besarnya pengaruh metode problem solving terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs. Assyafiiyah Gondang pada materi hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring. Pola penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah metode problem solving, sedangkan variable terikat (Y) adalah hasil belajar siswa. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 161 siswa, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 64 siswa yang terdiri dari 31 siswa sebagai kelompok eksperimen, dan 33 siswa sebagai kelompok control. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode problem solving terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs. Assyafiiyah Gondang pada materi hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah. Hal ini dapat dilihat dari nilai t-test yang diperoleh melalui perhitungan manual sebesar 2,779 yang lebih besar dari nilai ttabel dengan taraf 5% yaitu sebesar 2,000. Besar pengaruh metode problem solving terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs. Assyafiiyah Gondang tahun pelajaran 2013/2014 pada materi hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah yaitu sebesar 12,871%. Bertolak dari hasil penelitian dan kesimpulan tersebut maka dikemukakan saran untuk meningkatkan hasil belajar siswa guru dapat menggunakan metode problem solving dalam kegiatan pembelajaran matematika di kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 04 Dec 2014 06:51
Last Modified: 04 Dec 2014 06:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/314

Actions (login required)

View Item View Item