PENGARUH KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK MA DARUL ULUM JOGOROTO JOMBANG

MUHAMMAD MAKHADIR, 12306183054 (2022) PENGARUH KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK MA DARUL ULUM JOGOROTO JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
MUHAMMAD MAKHADIR_12306183054_Bimbingan Konseling Islam.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Konseling Kelompok Realita untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik MA Darul Ulum Jogoroto Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik melalui kegiatan konseling kelompok realita. Peserta didik MA Darul Ulum Jogoroto Jombang, pada dasarnya mempunyai potensi yang bisa diaktualisasikan, namun karena kepercayaan diri yang rendah dan kemampuan diri sendiri yang pesimis, maka potensi yang dimilikipun tidak dapat dimanfaatkan dengan optimal. Dalam hal ini peneliti tertarik untuk melaksanakan konseling kelompok realita dengan metode kuantitatif pre-eksperimen jenis one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini peserta didik MA Darul Ulum Jogoroto Jombang sebanyak 69 peserta didik, dan sampel penelitian ini sebanyak 10 peserta didik yang memiliki skor di bawah rata-rata pada angket kepercayaan diri yang telah diberikan. Diantaranya 5 peserta didik kelas X, 4 peserta didik kelas XI, dan 1 peserta didik kelas XII. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor nilai sebelum dan sesudah diberikannya treatment berupa konseling kelompok realita. Hal ini menunjukkan bahwa konseling kelompok realita efektif digunakan untuk meningkatkan kepercayaan diri pada peserta didik MA Darul Ulum Jogoroto Jombang. Kata Kunci: Konseling Kelompok Realita, Percaya Diri

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: muhammad makhadir
Date Deposited: 11 Nov 2022 08:49
Last Modified: 11 Nov 2022 08:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31429

Actions (login required)

View Item View Item