PENGARUH TINGKAT LITERASI KEUANGAN, RISK TOLERANCE, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Keuangan Syariah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Angkatan 2018-2020)

MOH. FARID AL FARIZI, 12406183048 (2022) PENGARUH TINGKAT LITERASI KEUANGAN, RISK TOLERANCE, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Keuangan Syariah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Angkatan 2018-2020). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (611kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (350kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan, Risk Tolerance, dan Religiusitas Terhadap Keputusan Investasi (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Keuangan Syariah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Angkatan 2018 - 2020)” ini di tulis oleh Moh. Farid Al Farizi, NIM. 12406183048, jurusan Manajemen Keuangan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Nadia Roosmalita Sari, S.Pd., M.kom. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman literasi keuangan yang memiliki fungsi dan peran penting dalam hubunganya baik oleh individu maupun kelompok. Mahasiswa sebagai calon investor seharusnya memiliki kecakapan yang baik dan benar akan literasi keuangan, risk tolerance, religiusitas dan faktor-faktor lain yang mempenggaruhi dalam berinvestasi. Sehingga dengan hal itu mereka mampu menganalisis serta meminimalisir untuk lebih rasional dalam membuat keputusan investasi agar tercapai masa depan yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan 1. Untuk menguji pengaruh literasi keuangan, 2. Untuk menguji pengaruh risk tolerance, dan 3. Untuk menguji pengaruh religiusitas terhadap keputusan investasi yaitu baik secara simultan maupun parsial. Dari hasil penelitian ini di harapkan bisa menjadi bahan acuan evalusi untuk meningkatkan keputusan investasi mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa aktif manajemen keuangan syariah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampling 85 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan penyebaran langsung kepada responden yaitu mahasiswa jurusan manajemen keuangan syariah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung angkatan tahun 2018-2020. Hasil penelitian ini adalah 1. Literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi, 2. Risk tolerance tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi, 3. Religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi, 4. Literasi keuangan, risk tolerance, dan religiusitas secara simultan bersama – sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi mahasiswa. Kata Kunci: Literasi Keuangan, Risk Tolerance, Religiusitas, dan Keputusan Investasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Laporan Keuangan
Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Uang
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: 12406183048 MOH. FARID AL FARIZI
Date Deposited: 09 Nov 2022 08:12
Last Modified: 09 Nov 2022 08:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31441

Actions (login required)

View Item View Item