PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA DITINJAU DARI PRINSIP GOOD GOVERNANCE DAN SIYASAH SYARIYYAH (Studi di Desa Serut Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung)

ISNA FAIZZATUL LAILIYAH, 17104153040 (2022) PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA DITINJAU DARI PRINSIP GOOD GOVERNANCE DAN SIYASAH SYARIYYAH (Studi di Desa Serut Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (502kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (455kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (605kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (927kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Desa Serut merupakan salah satu desa yang mendapatkan Alokasi Dana Desa dari pemerintah, dimana dengan jumlah dana yang sangat besar tentunya membutuhkan pengelolaan yang baik sehingga menghasilkan tata kelola pemerintahan yang baik pula. Fokus penelitian ini adalah (1) bagaimana pengelolaan alokasi dana desa di Desa Serut, (2) bagaimana pengelolaan Alokasi dana desa berdasarkan prinsip good governance, (3) bagaimana pengelolaan alokasi dana desa berdasarkan siyasah syariyyah. Adapun yabg menjadi tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana pengelolaan alokasi dana desa di Desa Serut, (2) untuk mengetahui pengelolaan Alokasi Dana Desa berdasarkan prinsip good governance (akuntabilitas, transparansi dan partisipasi) mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban (3) untuk mengetahui pengelolaan Alokasi Dana Desa berdasarkan Siyasah Syariyyah, dalam hal ini mengacu pada prinsip kemaslahatan ummat, Pada penelitian ini digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan untuk memperoleh data atau informasi berupa gagasan, pernyataan dan pemikiran tentang pengelolaan Alokasi dana desa. Observasi dilakukan untuk melakukan pengamatan secara langsung ke lapangan. Domumentasi dilakukan untuk mencari data memgenail hal hal yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan ADD di desa Serut secara garis besar telah sesuai dengan prinsip Good Governance, dalam hal ini telah menggunakan prinsip akuntabilitas, transparansi dan partisipasi. Pada penelitian ini juga menunjukkan bahwa pengelolaan Alokasi Dana Desa yang ada di Desa Serut sudah sesuai dengan prinsip Siyasah Syariyah, yaitu sebagai wujud dari kemaslahatan ummat manusia yang merupakan tujuan dari berdirinya suatu negara dan dalam penerapanya menyangkut dharuriyah yang harus dipenuhi untuk memelihara jiwa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 17104153040 ISNA FAIZZATUL LAILIYAH
Date Deposited: 14 Nov 2022 03:25
Last Modified: 14 Nov 2022 03:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31482

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item