EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA ANAK BINAAN SMP DI LPKA KELAS I BLITAR

ULFAH WINDA ANISAH, 12306183022 (2022) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA ANAK BINAAN SMP DI LPKA KELAS I BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELFMANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA ANAK BINAAN SMP DI LPKA KELAS I BLITAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat motivasi belajar pada anak binaan SMP di LPKA Kelas I Blitar, (2) untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok teknik self management dalam meningkatkan motivasi belajar pada anak binaan SMP di LPKA Kelas I Blitar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah anak binaan SMP di LPKA Kelas I Blitar sebanyak 17 dengan jumlah sampel sebanyak 5 anak binaan yang diambil melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan 12% motivasi belajar anak binaan berada pada tingkat kategori tinggi, 59% kategori sedang, dan 29% kategori rendah. Berdasarkan uji hipotesis paired sample t test menunjukkan Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 artinya pemberian treatment efektif untuk meningkatkan motivasi belajar pada anak binaan SMP di LPKA Kelas I Blitar. Adapun uji n-gain score menunjukkan peningkatan motivasi belajar pada kategori sedang dengan nilai 0,45. Dengan adanya peningkatan motivasi belajar maka konseling kelompok teknik selfmanagement efektif untuk meningkatkan motivasi belajar pada anak binaan SMP di LPKA Kelas I Blitar. Kata kunci: konseling kelompok, teknik self management, motivasi belajar

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 12306183022 ULFAH WINDA ANISAH
Date Deposited: 17 Nov 2022 03:20
Last Modified: 17 Nov 2022 03:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31499

Actions (login required)

View Item View Item