PEMBERDAYAAN PEDAGANG KAKI LIMA DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pada Pedagang Kaki Lima UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungang)

ARMAYANI, 12402173088 (2022) PEMBERDAYAAN PEDAGANG KAKI LIMA DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pada Pedagang Kaki Lima UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungang). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima Di Tengah Pandemi: (Studi Kasus Pada Pedagang Kaki Lima Di Sekitar Uin Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung).”ini ditulis oleh Armayani, NIM. 12402173088, pembimbing Dr. H. Mashudi, M.Pd.I. Penelitian dilatar belakangi oleh diterapkannya Kebijakan PPKM guna mencegah penyebaran covid-19. Sehingga pabrik,sekolah, perguruan tinggi, tempat ibadah, pasar keuangan, kantor perusahaan, bisnis dan acara-acara yang dapat menimbukan keramaian ditutup. Hal ini membuat para pedagang kaki lima tidak berkerja akibatnya adalah tidak bisa muncukupi kebutuhan hidup. Sementara kebutuhan terus meningkat dan tidak memiliki penghasilan selain dari hasil berdagang tersebut. Akan tetapi peyebaran covid juga sangat ditakutkan karena mengancam kesehatan para pedagang kaki lima maupun orang lain. Jadi untuk menyikapi permasalahan-permasalahan itu, perlu adanya pemberdayaan pedagang kaki lima di tengah pandemi Covid-19, untuk tetap bertahan hidup. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis penerapan pemberdayaan bagi pedagang kaki lima di tengah pandemi covid-19 di sekitar UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, (2) Menganalisis kendala penerapan pemberdayaan pedagang kaki lima di tengah pandemi covid-19 di sekitar UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagun, (3) Menganalisis solusi penerapan pemberdayaan pedagang kaki lima di tengah pandemi covid-19 di sekitar UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga jalur analisis data kualitatif yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan pengambilan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Walaupun kebijakan PPKM diterapkan, namun tetap ada upaya-upaya yang dilakukan pemerintah dalam memberi bantuan seperti tetap boleh berdagang asal menaati Protokol kesehatan seperti menerapkan 3 M; Memberi batasan waktu untuk para pedagang saat berdagang; mendapat bantuan dana/modal kerja. Selain itu juga dengan bantuan lain seperti : Program Kartu Sembako, Diskon Listrik, Bantuan Subsidi Upah/BSU, Bantuan Beras BULOG. (2) Bahwa ada perbedaan yang cukup signifikan pada saat berdagang sebelum pandemi dan berdagang ditengah pandemi. Hal inilah yang menjadi kendala bagi pada pedagang kaki lima dimana sebelum pandemi dan saat pandemi omset mereka menurun drastis. Hal ini karena mereka kehilangan pelanggan yang mayoristas adalah para mahasiswa Uin Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. (3) Ada berbagai macam-macam para pedagang kaki lima mengatasi masalah mereka seperti mencari pekerjaan sampingan seperti menjual es batu, ngerit kayu, jadi penyebrang lalu lintas, catering roti untuk dijadikan alas reptile. Kata kunci : Pemberdayaan, Pandemi Covid-19, dan Pedagang Kaki lima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Covid-19
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 12402173088 ARMAYANI
Date Deposited: 02 Dec 2022 03:22
Last Modified: 02 Dec 2022 03:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31508

Actions (login required)

View Item View Item