STRATEGI PENYELESAIAN PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA AKAD MURABAHAH (Studi Kasus BMT Harapan Umat Tulungagung dan BMT Muamalah Tulungagung)

NUR WAHIDAH, 12401183190 (2022) STRATEGI PENYELESAIAN PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA AKAD MURABAHAH (Studi Kasus BMT Harapan Umat Tulungagung dan BMT Muamalah Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Pada Akad Murabahah (Strudi Kasus BMT Harapan Umat dan BMT Muamalah” ini ditulis oleh Nur Wahidah, Jurusan Perbankan Syariah, NIM 12401183190, dengan pembimbing Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan rescheduling, reconditioning, dan restructuring pada BMT Harapan Umat dan BMT Muamalah sebagai strategi dalam penyelesaian pembiayaan bermasalah pada akad murabahah. Kasus pembiayaan bermasalah terjadi secara bertahap, apabila pembiayaan memasuki tahap kemacetan, nasabah dianggap melanggar kontrak, sehingga dari permasalahan tersebut BMT Harapan Umat dan BMT Muamalah mampu menyelesaikannya dengan baik. Dalam melaksanakan penelitian ini peneliti menetapkan fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana pelaksanaan strategi rescheduling dalam mengatasi penyelesaian pembiayaan bermasalah pada akad murabahah di BMT Harapan Umat dan BMT Muamalah? 2) Bagaimana pelaksanaan strategi reconditioning dalam mengatasi penyelesaian pembiayaan bermasalah pada akad murabahah di BMT Harapan Umat dan BMT Muamalah? 3) Bagaimana pelaksanaan strategi restructuring dalam mengatasi penyelesaian pembiayaan bermasalah pada akad murabahah di BMT Harapan Umat dan BMT Muamalah? 4) Kendala apa yang dihadapi dalam penyelesaian rescheduling, reconditioning, restructuring pada akad murabahah di BMT Harapan Umat dan BMT Muamalah? Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi yang dijadikan penelitian adalah BMT di Kota Tulungagung terdiri dari BMT Harapan Umat dan BMT Muamalah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah pada BMT Harapan Umat Tulungagung dan BMT Muamalah Tulungagung disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Dari penerapan rescheduling dan reconditioning pada 20% nasabah yang mengalami pembiayaan bermasalah di BMT Harapan Umat 90% diantaranya dapat menyelesiakan pelunasan tepat waktu, BMT Muamalah dalam pelaksanaan Recheduling, Reconditioning, dan Restrukturing pada 3,05% nasabah murabahah yang mengalami pembiayaan bermasalah 60% diantaranya berhasil menyelesaikan pembiayaan. Peneliti menemukan bahwa BMT Muamalah belum dapat diselesaikan secara penuh karena banyak nasabah yanag mengalami dampak dari covid-19. Kendala dalam pelaksanaan rescheduling, reconditioning, dan restructuring pada BMT Harapan Umat Tulungagung dan BMT Muamalah Tulungagung secara umum disebabkan oleh faktor-faktor dari pihak nasabah BMT Harapan Umat dan BMT Muamalah telah bersungguh-sunguh melakukan kinerjanya demi kelancaran pembiayaan. Kata Kunci : BMT (Baitul Maal Wat Tamwil), Murabahah, Pembiayaan Bermasalah

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Baitul Maal wat Tamwil
Ekonomi > Murabahah
Ekonomi > Pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401183190 NUR WAHIDAH
Date Deposited: 22 Nov 2022 07:46
Last Modified: 22 Nov 2022 07:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31522

Actions (login required)

View Item View Item