HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN GAWAI DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 11 SMAN 1 CAMPURDARAT

MONICHA ANA BILLA, 12210183033 (2022) HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN GAWAI DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 11 SMAN 1 CAMPURDARAT. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (860kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)

Abstract

Adanya pandemi COVID-19 berdampak terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Pembelajaran di sekolah dilakukan secara daring dan tatap muka terbatas. Dari hal itu, peneliti menemukan berbagai permasalahan di SMAN 1 Campurdarat terkait intensitas penggunaan gawai dan hasil belajar Bahasa Indonesia. Intensitas penggunaan gawai pada siswa meningkat. Siswa kelas 11 SMAN 1 Campurdarat menjadi kurang bersemangat mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia. Ditemui ada beberapa siswa kelas 11 yang tidak mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru. Kurangnya perhatian siswa kelas 11 terhadap guru, metode, dan materi yang disampaikan guru dikarenakan terhubung dengan koneksi internet saat pembelajaran sehingga dapat menyebabkan terjadinya penyalahgunaan siswa dalam belajar. Terdapat 7 hingga 10 siswa di setiap kelas yang belum mencapai KKM hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) ada atau tidak hubungan antara intensitas penggunaan gawai dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas 11 SMAN 1 Campurdarat, (2) tingkat hubungan antara intensitas penggunaan gawai dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas 11 SMAN 1 Campurdarat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis analisis korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 11 SMAN 1 Campurdarat. Jumlah sampel sebanyak 165 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu uji Rank Spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada hubungan yang negatif dan signifikan antara intensitas penggunaan gawai dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas 11 SMAN 1 Campurdarat. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji korelasi Rank Spearman diperoleh nilai koefisien korelasi -0,440 dan signifikansi 0,00<0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. (2) tingkat hubungan antara intensitas penggunaan gawai dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas 11 SMAN 1 Campurdarat berada pada tingkat sedang. Hal ini dibuktikan dari nilai koefisien korelasi yang diperoleh sebesar -0,440 berada diantara interval koefisien (0,400–0,599) yang berarti sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210183033 monicha
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:37
Last Modified: 24 Nov 2022 02:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31541

Actions (login required)

View Item View Item