PERAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH DALAM PEMBERDAYAAN UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Di BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung dan BMT Muamalah Tulungagung)

MOHAMMAD BAHRUDIN, 12401173413 (2022) PERAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH DALAM PEMBERDAYAAN UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Di BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung dan BMT Muamalah Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (858kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (34kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Lembaga Keuangan Mikro Syariah dalam Pemberdayaan UMKM dimasa Pandemi COVID-19 studi Kasus di BMT Istiqomah Tulungagung dan BMT Muamalah Tulungagung ” ini ditulis oleh Mohammad Bahrudin, NIM. 12401173413, pembimbing Ahmad Supriyadi Mpd.i. Penelitian ini di latar belakangi oleh dengan adanya musim pandemi covid19 yang hingga saat ini berpengaruh terhadap kondisi perekonomian masyarakat lebih khusus usaha UMKM yang terdampak. dalam kondisi tersebut lembaga keuangan menjadi salah satu solusi kepada masyarakat lebih khusus untuk mengetahui program dan usaha yang dilakukan oleh lembaga keuangan dalam hal ini di BMT Istiqomah Karangrejo dan BMT Muamalah Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) apa saja program dari BMT Istiqomah Karangrejo dan BMT Muamalah Tulungagung pada pandemi covid-19?, 2) apa saja usaha yang dilakukan oleh BMT Istiqomah Karangrejo dan BMT Muamalah Tulungagung dalam menghadapi pandemi covid-19? Pokok masalah penelitian ini yaitu bagaimana peran lembaga keuangan mikro syariah dalam pemberdayaan UMKM di masa pandemi covid-19 (pada BMT Istiqomah Tulungagung dan BMT Muamalah Tulungagung), tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran lembaga keuangan mikro syariah dalam pemberdayaan UMKM di masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan analisis kualitatif pendekatan fenomologi dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan realitas pada objek penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. Penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan dua data yaitu data sekunder dan data primer, data primer ini didapat dari pihak lembaga BMT Istiqomah Tulungagung dan BMT Muamalah Tulungagung dan data sekunder diperoleh dari catatan, buku, jurnal, website, skripsi, dan lain-lain. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, wawancara langsung dengan pihak-pihak yang terkait. Lalu teknik pengolahan dan analisis data dilakukan melalui empat tahapan, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu BMT Istiqomah Tulungagung dan BMT Muamalah Tulungagungmenunjukkan peran yang sangat besar dalam pemberdayaan UMKM di masa pandemi COVID-19 yang memberikan toleransi serta memberikan bantuan pangan seperti sembako, setidaknya hal ini dapat dilihat dalam praktek pemberdayaan UMKM yang dilakukan oleh BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung dan BMT Muamalah Tulungagung yang memberikan toleransi kepada nasabah yang terdampak virus COVID-19. Kata kunci: Peran, Pemberdayann, UMKM.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 12401173413 MOHAMMAD BAHRUDIN
Date Deposited: 08 Dec 2022 07:34
Last Modified: 08 Dec 2022 07:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31641

Actions (login required)

View Item View Item