ANALISIS PENGENDALIAN KEUANGAN USAHA MIKRO IKAN SEGAR PADA SAAT PANDEMI COVID–19 DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di Pasar Setono Betek Kota Kediri)

ALVANIA FAWWAZ SARI, 12406183010 (2022) ANALISIS PENGENDALIAN KEUANGAN USAHA MIKRO IKAN SEGAR PADA SAAT PANDEMI COVID–19 DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di Pasar Setono Betek Kota Kediri). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (830kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (970kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Pengendalian Keuangan Usaha Mikro Ikan Segar pada Saat Pandemi Covid–19 dalam Peningkatan Pendapatan Usaha Perspektif Ekonomi Islam (Studi di Pasar Setono Betek Kota Kediri)” ditulis oleh Alvania Fawwaz Sari NIM. 12406183010, Jurusan Manajemen Keuangan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing Dr. Binti Nur Asiyah, M.Si. Pengendalian keuangan merupakan salah satu komponen dalam melakukan bisnis di usaha mikro. Fenomena perkembangan UMKM menjadi penopang utama perekonomian di Indonesia, salah satunya yaitu adanya kendala UMKM saat ini mengenai pengelolaan keuangan yang belum dilakukan secara maksimal. Dalam penelitian ini, diketahui bahwa pedagang ikan segar di Pasar Setono Betek Kota Kediri telah menerapkan sistem pengendalian keuangan, namun masih memiliki kendala untuk memahami kebenarannya. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pengendalian keuangan usaha mikro pedagang ikan segar di Pasar Setono Betek Kota Kediri, (2) Bagaimana peningkatan pendapatan usaha di Pasar Setono Betek Kota Kediri dalam perspektif ekonomi Islam. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis pengendalian keuangan usaha mikro pedagang ikan segar di Pasar Setono Betek Kota Kediri, (2) Untuk menganalisis peningkatan pendapatan usaha di Pasar Setono Betek Kota Kediri dalam perspektif ekonomi Islam. Dilihat dari sumber datanya, penelitian ini menggunakan data primer, sedangkan dari jenis datanya menggunakan jenis penelitian studi dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara secara mendalam dan studi dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis secara induktif dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah (1) Pengendalian keuangan sebagai suatu cara mengelola dana yang dimiliki dan dalam pengendaliannya berisikan pertanggungjawaban. Apabila pedagang ikan segar memiliki pengendalian keuangan, mereka tidak akan terlibat dalam aktivitas yang hanya memenuhi keinginan terbatas. Pengendalian keuangan di Pasar Setono Betek masih menggunakan pembukuan secara sederhana dan sistem yang dijalankan juga asih tatap muka dan menggunakan uang tunai, (2) Peningkatan pendapatan sangat mempengaruhi para pedagang ikan segar, semakin besar pendapatan yang diperoleh maka semakin besar pula biaya yang akan ditanggung. Pendapatan yang diperoleh pedagang adalah pendapatan yang termasuk risiko, gaji karyawan dan hasil yang diperoleh cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Kata kunci: Ekonomi Islam, Pendapatan Usaha, Pengendalian Keuangan, Usaha Mikro.

Item Type: Skripsi
Subjects: Covid-19
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: 12406183010 ALVANIA FAWWAZ SARI
Date Deposited: 08 Dec 2022 08:32
Last Modified: 08 Dec 2022 08:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31664

Actions (login required)

View Item View Item