PERAN POLA ASUH KELUARGA TKW DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK (Studi Kasus Di Desa Slawe Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek)

SLAMET RIADI SUBEKI, 17209163045 (2022) PERAN POLA ASUH KELUARGA TKW DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK (Studi Kasus Di Desa Slawe Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Pola Asuh Keluarga TKW Dalam Pembentukan Akhlak (Studi Kasus Di Desa Slawe Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek)” ini ditulis oleh Slamet Riadi Subeki, NIM: 17209163045, Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Dosen Pembimbing Dr. Dwi Astuti Wahyu Nurhayati, SS, M.Pd. Kata Kunci: Peran Pola Asuh, Keluarga TKW, Pembentukan Akhlak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembentukan akhlak atau karakter manusia diawali dari lingkungan keluarga yang merupakan tempat awal bagi anak. Namun, problematika yang terjadi ialah bagaimana jika terdapat sosok orang tua yang kurang lengkap yaitu ketidakhadirannya seorang ibu di tengah-tengah keluarga. Sedangkan peran ibu dalam pengasuhan anak sangatlah penting. Bahkan bisa dikatakan, perkembangan anak termasuk pembentukan akhlak mulia pada diri anak berada di tangan ibunya. Salah satu alasannya karena pilihan pekerjaan untuk menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW) di luar negeri yang menyebabkan ketidakhadiran seorang ibu dalam keluarga sehingga pengasuhan anak dialihkan ke suami atau keluarga besar. Oleh sebab itu peneliti ingin peneliti ingin mengungkap berbagai permasalahan yang timbul di dalam keluarga TKW, dimana anak tidak mendapat pola asuh langsung dari seorang ibu karena pekerjaannya sebagai tenaga kerja wanita (TKW) terutama dari segi akhlak sang anak. Fokus penelitian dalam skripsi ini sebagai berikut: 1) Bagaimana pola asuh keluarga TKW dalam pembentukan akhlakul karimah anak di Desa Slawe Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek?, 2) Bagaimana strategi keluarga TKW dalam pembentukan akhlakul karimah anak di Desa Slawe Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek?, 3) Apa kendala yang dialami keluarga TKW dalam pembentukan akhlakul karimah anak di Desa Slawe Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan lokasi di Desa Slawe Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Metode pengumpulan data yang digunakan diantaranya wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian metode analisa data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Dari hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa: pola asuh dilakukan oleh ayah, anggota keluarga seperti nenek, guru atau ustadz. Strategi yang dapat dilakukan antara lain memberi nasihat, peneladanan, pemberian hadiah, pembiasaan. Sedangkan nilai akhlak yang ditanamkan untuk pendidikan akhlak yaitu jujur, rajin, sabar, disiplin, keimanan, ketauhidan. Akan tetapi banyak kendala yang dihadapi para keluarga antara lain kurangnya pengetahuan pengasuh, kurangnya keterampilan pengasuh, dan kurangnya kepedulian pengasuh.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: S1 17209163045 SLAMET RIADI SUBEKI
Date Deposited: 09 Dec 2022 02:29
Last Modified: 09 Dec 2022 02:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31666

Actions (login required)

View Item View Item