STRATEGI BAURAN PEMASARAN MELALUI ANALISIS SWOT UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus Usaha Tanpa Badan Hukum Sumber Lancar Kelurahan Tamanan Kabupaten Trenggalek)

TATAK ADYTIA, 12402183026 (2022) STRATEGI BAURAN PEMASARAN MELALUI ANALISIS SWOT UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus Usaha Tanpa Badan Hukum Sumber Lancar Kelurahan Tamanan Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (713kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Bauran Pemasaran Melalui Analisis SWOT Untuk Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Usaha Tanpa Badan Hukum “Sumber Lancar” Kelurahan Tamanan Kabupaten Trenggalek” ini ditulis oleh Tatak Adytia, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, NIM 12402183026, Pembimbing Ibu Lativa Hartiningtyas, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh usaha dengan bahan baku utama kacang yang dijalankan turun temurun dan tetap eksis hingga sekarang. Di era modern perusahaan menjual produk makanan yang masih tradisional mulai dari proses pembuatan hingga hasilnya dibuat secara alami dan tetap bertahan serta mampu bersaing dengan produk modern lainnya. Sehingga peneliti ingin meneliti lebih dalam bagaimana strategi bauran pemasaran yang diterapkan perusahaan melalui bauran pemasaran 7P yang dianalisis melalui alat metode yaitu analisis SWOT. Adapun fokus penelitian dalam skripsi ini yakni: (1) Bagaimana penerapan strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan di Usaha Tanpa Badan Hukum Sumber Lancar di Kelurahan Tamanan Kabupaten Trenggalek? (2) Bagaimana penerapan pendekatan analisis SWOT dalam meningkatkan volume penjualan di Usaha Tanpa Badan Hukum Sumber Lancar di Kelurahan Tamanan Kabupaten Trenggalek? (3) Bagaimana penerapan bauran pemasaran melalui analisis SWOT dalam meningkatkan volume penjualan di Usaha Tanpa Badan Hukum Sumber Lancar di Kelurahan Tamanan Kabupaten Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini yaitu studi kasus dengan alat metode analisis SWOT. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dengan informan, kemudian diolah dan dianalisis secara langsung. Data sekunder diperoleh dari jurnal, skripsi, dan buku. Teknik pengumpulan data dilakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini Usaha Tanpa Badan Hukum “Sumber Lancar” menjalankan usaha menggunakan strategi bauran pemasaran 7P melalui analisis SWOT, dalam diagram SWOT posisi Usaha Tanpa Badan Hukum “Sumber Lancar” berada dalam kuadaran 1, kondisi tersebut perusahaan memilih menggunakan strategi SO, ada 4 strategi yang dapat dilakukan oleh Usaha Tanpa Badan Hukum “Sumber Lancar” yaitu mengembangkan inovasi varian rasa produk, memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan baik supaya terbentuk citra positif dan pangsa pasar baru, mempertahankan citra merek dagang, dan menjaga kualitas produk agar tidak kalah saing dengan pesaing baru. Melalui strategi bauran pemasaran 7P dengan memperhatikan lingkungan perusahaan melalui analisis SWOT, membantu perusahaan dalam menentukan strategi meningkatkan volume penjualan Usaha Tanpa Badan Hukum “Sumber Lancar”. Kata Kunci : Analisis SWOT, Bauran Pemasaran, Volume Penjualan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bumdes
Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402183026 TATAK ADYTIA
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:46
Last Modified: 09 Dec 2022 03:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31669

Actions (login required)

View Item View Item