Syaiful Hadi, 197711032011011007 and MAR ATUSH SOLIHAH, 17505164027 (2022) Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Pada Materi SPLDV Kelas VIII MTsN 8 Bitar Tahun 2021/2022. Program Studi tadris Matematika bekerja sama dengan Gerasi Insan Nusantara, Tulungagung. ISBN 2964-9080
Text
prosiding TMT Full-pages-1-6,81-105.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari peneitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pemahaman pada materi SPLDV. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menetapkan sebelas subjek penelitian dari hasil tes yang memiliki nilai dibawah standar ketentuan minimal. Kemudian,peneliti melakukan tes masalah pemahaman konsep siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Peneliti juga melakukan wawancara terhadap sebelas subjek tersebut. Metode penelitian yang dilakukan study kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan peneliti adalah perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan teman ssejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa siswa masih mengalami kesulitan dalam menjelaskan konsep SPLDV berserta komponennya, siswa sudah bisa mengidentifikasi contoh dan bukan contoh serta bisa menjelaskan alasannya, akan tetapi ada juga siswa hanya bisa menyebutkan contoh dan bukan contohnya tanpa mengetahui alasannya, dan beberapa siswa mengabaikan untuk menuliskan apa yang diketahui dan ditanya pada saat menyelesaikan soal cerita, siswa juga masih mengalami kesulitan dalam memahami soal, merencanakan penyelesaikan, melaksanakan perencanaan, dan mengambil kesimpulan jawaban.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Dr. 197711032011011007 Syaiful Hadi |
Date Deposited: | 11 Apr 2023 07:25 |
Last Modified: | 11 Apr 2023 07:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31696 |
Actions (login required)
View Item |