PANDANGAN SANTRI PONDOK PESANTREN TERHADAP HAK PEREMPUAN DALAM MENENTUKAN PASANGAN DALAM PERPEKTIF TEORI MUBADALAH (Studi Di Pondok Pesantren Sirojut Tholibin Plosokandang Tulungagung)

RIADLATUL ZULFA FAUZIYYAH, 12102183123 (2022) PANDANGAN SANTRI PONDOK PESANTREN TERHADAP HAK PEREMPUAN DALAM MENENTUKAN PASANGAN DALAM PERPEKTIF TEORI MUBADALAH (Studi Di Pondok Pesantren Sirojut Tholibin Plosokandang Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (939kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (452kB) | Preview

Abstract

Riadlatul Zulfa Fauziyyah. 12102183123, Pandangan Santri Pondok Pesantren Terhadap Hak Perempuan Dalam Menentukan Pasangan Dalam Perpektif Teori Mubadalah (Studi Di Pondok Pesantren Sirojut Tholibin Plosokandang Tulungagung), Jurusan Hukum Keluarga Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2022, Dr. Ahmad Musonnif. M.HI. Kata Kunci : Hak Perempuan, Pandangan Santri Pondok Pesantren Penelitian ini dilatar belakangi karena banyaknya orang tua atau wali yang masih memaksa anak perempuannya untuk menikah dengan laki-laki pilihannya. Hal itu sama saja merebut hak perempuan dalam memilih pasangan. Setiap perempuan mempunyai kriteria laki-laki yang di inginkan untuk dijadikan pasangannya. Apalagi perempuan pada zaman sekarang mempunyai lingkungan yang luas karena banyak dari mereka berperan menjadi mahasiswa dan juga menjadi santri. Mereka punya hak memilih pasangan sama halnya seperti hak laki-laki memilih pasangan. Rumusan masalah dalam Penelitian ini adalah :1) Bagaimana pandangan santri Pondok Pesantren Sirojut Tholibin Plosokandang Tulungagung terhadap hak perempuan untuk menentukan pasangan? 2) Bagaimana pandangan santri Pondok Pesantren Sirojut Tholibin Plosokandang Tulungagung terhadap hak perempuan untuk menentukan pasangan dalam perpektif teori Mubadalah? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan pandangan hak perempuan dalam memilih pasangan hidup menurut santri Pondok Pesantren Sirojut Tholibin Plosokandang Tulungagung. 2) Untuk menganalisis tinjauan Mubadalah terhadap pandangan santri Pondok Pesantren Sirojut Tholibin Plosokandang Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif, dan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa yang digunakan adalah kondensasi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Hak Perempuan dalam memilih pasangan menurut santri Pondok Sirojut Tholibin, perempuan mempunyai kekuasaan dan keleluasaan dalam memilih pasangan menurut dirinya tanpa adanya paksaan, tuntutan, ancaman, dan perasaan rasa takut. Menurut para santri perempuan mempunyai hak untuk memilih pasangan sebagaimana seorang laki-laki yang memilih pasangan untuk dinikahi. 2) Pandangan santri yang menyatakan bahwa perempuan berhak memilih pasangannya sendiri dari wali, sudah sesuai dengan fiqih Mubadalah. Sebab dalam fiqih Mubadalah laki-laki dan perempuan memiliki hak yang sama.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: zulfa riadlatul zulfa fauziyyah
Date Deposited: 28 Dec 2022 01:17
Last Modified: 28 Dec 2022 01:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31867

Actions (login required)

View Item View Item