MANAJEMEN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA PENDIDIKAN DI SMP ISLAM AL FATTAHIYYAH TULUNGAGUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19

M. SYAIKHUL HADI, 12207183029 (2022) MANAJEMEN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA PENDIDIKAN DI SMP ISLAM AL FATTAHIYYAH TULUNGAGUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Pemasaran dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan di SMP Islam Al-Fattahiyyah Tulungagung pada Masa Pandemi Covid-19” ini ditulis oleh M. Syaikhul Hadi, NIM. 12207183029, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, dibimbing oleh Dr. Nurul Hidayah, M.Ag.. Kata Kunci: Manajemen, Pemasaran Pendidikan, Citra, Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan lembaga pendidikan yang semakin ketat dan menuntut lembaga pendidikan untuk bersaing menjadi lebih kompetitif. Sehingga diperlukan manajemen pemasaran pendidikan untuk memenangkan persainan tersebut. Manajemen pemasaran pendidikan berguna untuk memberikan pelayanan terbaik sekaligus mendapatkan citra yang baik dari konsumen untuk meningkatkan daya saing lembaga pendidikan. SMP Islam AlFattahiyah Tulungagung sebagai lembaga penyedia jasa pendidikan yang mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun belakangan, pasti memiliki manajemen pemasaran pendidikan tersendiri dalam meningkatkan kepuasan konsumen (siswa, wali murid dan masyarakat). Oleh karena itu, penulis akan mengkaji terkait manajemen pemasaran pendidikan yang diterapkan oleh SMP Islam Al-Fattahiyah Tulungagung dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan SMP Islam Al-Fattahiyah Tulungagung Berkaitan dengan latar belakang di atas, penelitian ini difokuskan yaitu 1) Bagaimanakah perencanaan pemasaran dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan di SMP Islam Al-Fattahiyyah Tulungagung pada masa pandemi Covid- 19. 2).Bagaimanakah pelaksanaan pemasaran dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan di SMP Islam Al-Fattahiyyah Tulungagung pada masa pandemi Covid- 19. 3)Bagaimanakah evaluasi pemasaran dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan di SMP Islam Al-Fattahiyyah Tulungagung pada masa pandemi Covid- 19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan tahap analisis data yang digunakan yaitu meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :(1)Perencanaan pemasaran pendidikan dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan di SMP Islam Al-Fattahiyyah Tulungagung terlebih dahulu menyusun perangkat pemasarannya; (2) Pelaksanan pemasaran pendidikan dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan di SMP Islam Al-Fattahiyyah Tulungagung menggunakan beberapa bauran pemasaran yang sifatnya dinamis. Dan bauran yang diaplikasikan di SMP Islam AlFattahiyyah yaitu (a) produk, (b) harga, (c) promosi, (d) partisipan, dan (e) proses yang akan dipaparkan di bawah ini : Pertama, produk, yaitu dengan menampilkan identitas kegamaan Islam yang kental; dan memiliki banyak program belajar yang ditawarkan. Kedua, harga, harga atau biaya yang ditawarkan oleh SMP Islam Alxviii Fattahiyyah sangat terjangkau, yaitu hanya Rp 75.000 per bulan. Ketiga, promosi, SMP Islam Al-Fattahiyyah melakukan promosi secara langsung, dan secara tidak langsung. Keempat, SDM, sebagian pendidik adalah lulusan pondok pesantren. Pendidik dan karyawan baik PNS atau non PNS. Kelima, Proses, belajar mengajar di SMP Islam Al-Fattahiyyah, guru menyampaikan materi dengan berbagai metode dan menggunakan alat bantu yang dapat menunjang pembelajaran; (3) Evaluasi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan di SMP Islam Al-Fattahiyyah Tulungagung selalu rutin digelar setiap tahunnya melalui rapat terbatas. Pelaksanaan pemasaran SMP Islam Al-Fattahiyyah dari tahun ketahun selalu menjalani dan melewati perbaikan. kendala dalam pemasaran di SMP Islam Al-Fattahiyyah ini adalah banyak tenaga-tenaga pemasaran yang memang juga berperan aktif di lingkungan Pondok Pesantren Al-Fattahiyyah. Sehingga seringkali pelaksanaan pemasaran ini harus terganggu atau terhambat. Hal ini tentu kaitannya dengan SDM.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S1 12207183029 M. SYAIKHUL HADI
Date Deposited: 20 Jan 2023 03:28
Last Modified: 20 Jan 2023 03:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31882

Actions (login required)

View Item View Item