PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH PADA KELUARGA TENAGA KERJA WANITA PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi di Dusun Tumpakwaru Desa Sumberjati Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar)

ERWANTO, 12102183126 (2022) PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH PADA KELUARGA TENAGA KERJA WANITA PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi di Dusun Tumpakwaru Desa Sumberjati Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Erwanto, 12102183126, Pembentukan Keluarga Sakinah Pada Keluarga Tenaga Kerja Wanita (Studi di Dusun Tumpakwaru Desa Sumberjati Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar), Program Studi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah 2022,Pembimbing Ladin, S.H.I. M.H Kata Kunci: Pembentukan Keluarga Sakinah, Tenaga Kerja Wanita, Hukum Islam Dalam suatu rumah tangga, kewajiban mencari nafkah berada ditangan suami, sedangkan tugas istri adalah mengurus suami dan anak. Namun, faktor ekonomi membuat istri untuk bekerja di luar negeri menjadi TKW. Dengan begitu peran suami menjadi berlipat karena harus mengurus keluarga sendirian. Sebagai suami yang ditinggalkan istri menjadi TKW maka tidak dapat memenuhi kewajibannya yang seharusnya diberikan kepada istri. Dengan begitu keluarga bisa rentan dengan berbagai konflik dan dapat menyebabkan perceraian, oleh sebab itu para suami ditutut untuk pandai dalam memperahankan keutuhan rumah tangganya sehingga keutuhan rumah tangga tidak menjadi korban kebutuhan ekonomi. Para suami ini mempunyai upaya upaya yang dilakukan dalam mempertahankan keutuhan rumah tangganya. Rumusan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana upaya pembentukan keluarga sakinah pada keluarga tenaga kerja wanita di dusun Tumpakwaru Desa Sumberjati Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar?, 2) Bagaimana faktor penghambat pembentukan keluarga sakinah pada keluarga tenaga kerja wanita di dusun Tumpakwaru Desa Sumberjati Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar?, 3) Bagaimana pembenukan keluarga sakinah terhadap keluarga tenaga kerja wanita perspektif hukum Islam? Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa Observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan data Collecting, data editing, data verifikasi, dan data reducting. Teknik keabsahan data digunkan dalam penelitian ini adalah Trianggulasi yang menggabungkan dari dua teknik pengumpulan data dan dari sumber yang telah ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Upaya yang dilakukan oleh para suami yang ditinggalkan istri menjadi TKW di Dusun Tumpakwaru desa Sumberjati Kabupaten Blitar ini untuk membentuk keluarga sakinah adalah dengan berbagai cara dan upaya-upaya, hal tersebut dapat dikatakan berhasil karena dari penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan dapat memenuhi kriteria keluarga sakinah. 2) Faktor penghambat dalam pembentukan keuarga sakinah akan selalu muncul sejalan dengan masalah-masalah yang ditemui baik dari dalam maupun dari luar atau dari pihak ornag ketiga. 3) Dalam membentuk keluarga sakinah upaya yang dilakukan adalah dengan memenuhi hak suami dan hak istri. Pada dasarnya seorang istri dilarang bekerja di luar negeri kecuali dengan mahramnya (suami).

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: S1 12102183126 Erwanto
Date Deposited: 30 Dec 2022 03:29
Last Modified: 30 Dec 2022 03:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31932

Actions (login required)

View Item View Item