PENGEMBANGAN BUKU REFERENSI INVENTARISASI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN SPERMATOPHYTA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 BLITAR

NOVIE RIZKY NUR AINI, 12208173058 (2023) PENGEMBANGAN BUKU REFERENSI INVENTARISASI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN SPERMATOPHYTA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
SAMPUL.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Buku Referensi Inventarisasi Keanekaragaman Tumbuhan Spermatophyta di Madrasah Aliyah Negeri 3 Blitar” ini ditulis oleh Novie Rizky Nur Aini, NIM. 12208173058, dosen pembimbing Haslinda Yasti Agustin, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Buku Referensi, Inventarisasi, Keanekaragaman Spermatophyta, Madrasah Aliyah Negeri 3 Blitar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dua permasalahan pokok. Pertama, lingkungan MAN 3 Blitar memiliki potensi untuk diberdayakan sebagai sumber belajar siswa, utamanya untuk materi klasifikasi-identifikasi Spermatophyta karena tersedia jenis yang beragam. Tetapi belum ada pengelolaan lebih lanjut terkait sumber daya tersebut, belum pernah dilakukan pendataan atau inventarisasi sebelumnya karena berbagai kendala. Permasalahan kedua terkait dengan proses pembelajaran, yaitu 61,76% dari siswa yang mempelajari Plantae kesulitan memahami klasifikasi Spermatophyta beserta contoh spesiesnya. Hal ini dikarenakan materi yang banyak dan kurangnya waktu untuk siswa mengamati secara langsung di lapangan. Peneliti melihat hubungan dari kedua masalah ini, siswa terkendala untuk melakukan pengamatan langsung di tempat yang memiliki tumbuhan heterogen, dengan potensi lingkungan MAN 3 Blitar yang belum dikelola lebih lanjut. Maka, peneliti bermaksud mengembangkan produk pembelajaran dari hasil inventarisasi keanekaragaman Spermatophyta MAN 3 Blitar berupa buku referensi. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan pengembangan buku referensi tumbuhan Spermatophyta yang ada di MAN 3 Blitar, (2) mendeskripsikan proses perancangan buku referensi inventarisasi keanekaragaman Spermatophyta yang ada di MAN 3 Blitar, (3) mendeskripsikan hasil dari proses pengembangan buku referensi inventarisasi keanekaragaman Spermatophyta yang ada di MAN 3 Blitar, (4) mendeskripsikan hasil implementasi buku referensi inventarisasi keanekaragaman Spermatophyta yang ada di MAN 3 Blitar, dan (5) mendeskripsikan hasil evaluasi buku referensi inventarisasi keanekaragaman Spermatophyta di MAN 3 Blitar. Jenis penelitian ini adalah Reseacrh and Development (RnD) dengan menerapkan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yakni analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, serta evaluasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil (1) analisis kebutuhan dilakukan dengan analisis materi, wawancara kepada guru biologi, serta menyebarkan angket analisis kebutuhan khusus pada siswa. Dari analisis materi diketahui bahwa KD 3.7 dan 4.7 biologi kelas X yang terkait dengan materi Plantae beserta peranannya sesuai dengan produk yang hendak dikembangkan. Hasil wawancara diketahui bahwa materi Plantae termasuk materi paling sulit karena pembahasannya luas tetapi waktu pembelajaran terbatas, dan belum pernah dilakukannya pendataan atau inventarisasi terhadap tumbuhan di MAN 3 Blitar. Berdasarkan hasil angket analisis kebutuhan, diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari materi Spermatophyta beserta contoh spesiesnya, dan 94,12% siswa setuju adanya pengembangan buku referensi inventarisasi keanekaragaman MAN 3 Blitar. (2) Pada tahap perancangan, peneliti menentukan tujuan pengembangan, penyusunan materi buku, perancangan desain buku, dan menyusun instrumen validasi. Sebanyak 93 temuan spesies Spermatophyta dituangkan ke dalam buku referensi yang terdiri dari komponen berupa sampul, halaman depan, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, pendahuluan, sajian materi, glosarium, referensi, biografi penyusun, serta sampul belakang. (3) Validasi produk kepada ahli materi, ahli media, serta praktisi biologi yang berturut-turut memperoleh skor 76,56%, 80,7%, dan 91,6% yang menunjukkan bahwa buku referensi yang dikembangkan tergolong valid. (4) Hasil tahap implementasi adalah perolehan rata-rata persentase skor 87,83% pada uji keterbacaan sehingga produk yang dikembangkan tergolong valid. (5) Revisi dan perbaikan produk pada tahap evaluasi sesuai dengan saran dan masukan validator serta siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Biologi > Tumbuhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208173058 Novie Rizky Nur Aini
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:08
Last Modified: 05 Jul 2023 03:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31987

Actions (login required)

View Item View Item