PENGARUH PIUTANG MURABAHAH DAN PENDAPATAN MARGIN MURABAHAH TERHADAP RETRUN ON ASSET (ROA) PADA PT BANK BCA SYARIAH ( Studi Kasus Laporan Keuangan Triwulan Tahun 2013-2020)

EKA RULI SEPTIANA NINGRUM, 12401173092 (2022) PENGARUH PIUTANG MURABAHAH DAN PENDAPATAN MARGIN MURABAHAH TERHADAP RETRUN ON ASSET (ROA) PADA PT BANK BCA SYARIAH ( Studi Kasus Laporan Keuangan Triwulan Tahun 2013-2020). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Perkembangan industry Perbankan Indonesia yang cukup besar meskipun pangsa pasarnya masih terbilang kecil dibandingkan dengan Bank Konvensional. Mayoritas Bank Umum Syariah yang memberikan kontribusi pada pangsa pasar tersebut seperti Syariah Mandiri, BRI syariah, BCA syariah, BNI syariah, Bank Muamalat Indonesia, Panin syariah, Bukopin Syariah, Mega Syariah, Maybank Syariah dan lain sebagainya. dapat ditinjau dalam penelitian ini mengemukakan bahwa perbankan syariah di Indonesia belum berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh UU No. 21 Tahun 2008, dimana hasil dari analisis yang dilakukan membuktikan bahwa penyaluran pembiayaan yang dilakukan oleh perbankan syariah berpengaruh positif terhadap rasio, artinya semakin besar penyaluran pembiayaan yang dilakukan oleh perbankan syariah maka akan berpotensi menyebabkan peningkatan pendapatan masyarakat Piutang murabahah adalah pembiayaan berupa talangan dana yang dibutuhkan nasabah untuk membeli suatu barang atau jasa dengan kewajiban mengembalikan talangan tersebut seluruhnya pada wkatu jatuh tempo. Pembiayaan murabahah adalah jual beli barang pada harga asal dengan tanbahan keuntungan yang disepakati. pembiayaan yang disalurkan oleh bank dapat mengakibatkan timbulnya pendapatan. Pendapatan adalah unsur yang sangat penting karena semakin besar pendapatan yang diperoleh , semakin besar pula peluan suatu lembaga tersebut untung mengembangkan usahanya. Pada Hasil Uji t bahwa Piutang Murabahah berpengaruh negative dan varable piutang murabahah tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Retrun On Asset hal ini ditunjukan dengan tingkat signifikan sebesar 0,740 > 0.05 dan ditunjukan nilai t hitung < t tabel (2,045>-0,335). Pendapatan Margin Murabahah memiliki pengaruh positif dan varable Pendapatan Margin Murabahah memiliki pengaruh secara signifikan. Hal ini ditunjukan dengan tingkat signifikan sebesar 0,010 < 0,05 dan ditunjukan dengan nilai t hitung > t tabel (2,764>2,045).Hasil uji regresi menyatakan bahwa variable yang paling dominan terhadap Retrun On Asset adalah Pendapatran Margin Murabahah. Kata Kunci : Piutang Murabahah, Pendapatan Margin Murabahah, Perbankan Syariah, Retrun On Asset (ROA)

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401173092 EKA RULI SEPTIANA NINGRUM
Date Deposited: 30 Dec 2022 07:56
Last Modified: 30 Dec 2022 07:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32003

Actions (login required)

View Item View Item