Peerreview Jurnal The ترقية مهارات اللغة العربية لدى طلاب الدراسات العليا في جامعة السيد علي رحمة الله الإسلامية الحكومية بتولونج أجونج من خلال برنامج الدورة التدريبية للناطقين الأصليين

Dr. H. Kojin, M.A, 196911011998031002 and Anin Nurhayati, - and LIATUL ROHMAH, 2846134018 (2022) Peerreview Jurnal The ترقية مهارات اللغة العربية لدى طلاب الدراسات العليا في جامعة السيد علي رحمة الله الإسلامية الحكومية بتولونج أجونج من خلال برنامج الدورة التدريبية للناطقين الأصليين. Jurnal AL MA'ANY, Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
CamScanner 01-19-2023 15.33333.pdf

Download (451kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan pembelajaran Bahasa Arab hampir di seluruh perguruan tinggi di Indonesia dapat dikategorikan masih gagal walaupun tidak keseluruhannya. Di lembaga non formal seperti pondok pesantren salaf dapat dikatakan sukses dalam keterampilan membaca dan penguasaan qawaid dan pada pondok modern mempunyai kemampuan pada penguasaan kalam dan istima’ karena bahasa arab aktif dijadikan sebagai bahasa sehari-hari. Sedangkan di lembaga formal, pembelajaran bahasa Arab di Indonesia mulai dari tingkat dasar sampai pascasarjana dapat dikatakan masih jauh dari hasil yang diharapkan sebagaimana yang telah dituangkan dalam tujuan pembelajaran atau visi dan misi jurusan atau program studi. Dari kesenjangan di atas penulis melakukan terobosan baru yaitu dengan mendatangkan Native Speaker atau penutur asli untuk memberikan pelatihan terhadap empat keterampilan berbahasa. Penelitian ini mengggunakan metode deskriptif analitatif melalui data yang diperoleh melalu observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Hasil temuan yang diperoleh menunjukkan bahwa kegiatan Daurah Tadribiyyah sangat diperlukan dalam rangka peningkatan keterampilan berbahasa baik yang berkaitan dengan keterampilan istima`, kalam, qiraah dan kitabah.

Item Type: Other
Subjects: Jurnal
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Kojin 196911011998031002 kojin
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:19
Last Modified: 26 Jan 2023 03:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32028

Actions (login required)

View Item View Item