IMPLEMENTASI PENGISIAN JABATAN SEKRETARIS DESA BERDASARKAN PERDA KABUPATEN TULUNGAGUNG NOMOR 4 TAHUN 2018 (Studi Kasus di Desa Wonorejo Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung)

MOCH HARDANI RAMADHAN, 12103173061 (2023) IMPLEMENTASI PENGISIAN JABATAN SEKRETARIS DESA BERDASARKAN PERDA KABUPATEN TULUNGAGUNG NOMOR 4 TAHUN 2018 (Studi Kasus di Desa Wonorejo Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (777kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (293kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Moch Hardani Ramadhan, Nomor Induk Mahasiswa 12103173061, Implementasi Pengisian Jabatan Sekretaris Desa Berdasarkan Perda Kabupaten Tulungagung Nomor 4 Tahun 2018 (Studi Kasus di Desa Wonorejo Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung), Program Studi Hukum Tata Negara, Jurusan Syariah, Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2022, Pembimbing: Ahmadi Abdul Shomad FN, M.H. Kata Kunci: Sekretaris Desa, Perda Kabupaten Tulungagung Nomor 4 Tahun 2018 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya gap antara Perda Kabupaten Tulungagung Nomor 4 Tahun 2018 dengan keadaan di lapangan. Berdasarkan Perda Kabupaten Tulungagung Nomor 4 Tahun 2018 Pasal 19 Ayat 4 yang berbunyi bahwa calon Perangkat Desa tidak boleh ada hubungan keluarga dengan Kepala Desa dan istri/suami sampai dengan derajat pertama baik ke atas, ke bawah maupun ke samping. Namun keadaan di lapangan anak menantu Kepala Desa Wonorejo ikut mencalonkan diri sebagai calon perangkat desa jabatan Sekretaris Desa. Jabatan Sekretraris Desa di menangkan oleh anak menantu dari Kepala Desa. Meski proses pengisian jabatan dilakukan dengan sistem ujian namun hal tersebut memunculkan kecemburuan sosial di masyarakat dan menggiring opini masyarakat bahwa adanya unsur nepotisme. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Menganalisis pengisian jabatan Sekretaris Desa di Desa Wonorejo. 2) Menganalisis implementasi pengisian jabatan Sekretaris Desa di Desa Wonorejo berdasarkan Perda Kabupaten Tulungagung Nomor 4 Tahun 2018. 3) Menganalisis kendala implementasi Perda Kabupaten Tulungagung Nomor 4 Tahun 2018 dalam pengisian jabatan Sekretaris Desa di Desa Wonorejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yuridis empiris. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap penelitian yang dilakukan yaitu tahap pra-lapangan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data dan tahap pelaporan data. Hasil penelitian ini adalah 1) Pengisian Jabatan Sekretaris Desa di Desa Wonorejo mulai dari persyaratan, mekanisme serta tahapan mengacu pada Permendagri Nomor 83 tahun 2015 dan Perda Kabupaten Tulungagung Nomor 4 Tahun 2018. 2) Pengisian Jabatan Sekretaris Desa di Desa Wonorejo Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung belum sepenuhnya sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Tulungagung Nomor 4 Tahun 2018, hal ini karena ada 1 pasal yang dilanggar yaitu Pasal 19 Ayat (4). 3) Secara keseluruhan mulai dari tahap penjaringan, penyaringan, pengangkatan dan pelantikan Sekretaris Desa Wonorejo berjalan lancar, namun terjadi masalah dari luar yaitu munculnya artikel yang menyebutkan bahwa ada donatur siluman (mal administrasi) dan diduga terjadi praktik nepotisme dalam proses pelaksanaan penjaringan dan penyaringan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: dani moch hardani ramadhan
Date Deposited: 05 Jan 2023 03:25
Last Modified: 05 Jan 2023 03:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32079

Actions (login required)

View Item View Item