PEMBERLAKUAN DENDA ATAS KETERLAMBATAN PEMBAYARAN ANGSURAN IJARAH SELAMA PANDEMI DITINJAU DARI FATWA DSN MUI NOMOR 43/DSN-MUI/VIII/2004/ TENTANG TA’WIDH (Studi Kasus di BMT Nusantara Umat Mandiri Desa Karangtalun Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung).

CINDY APRILIA MAHARANI, 12101173011 (2023) PEMBERLAKUAN DENDA ATAS KETERLAMBATAN PEMBAYARAN ANGSURAN IJARAH SELAMA PANDEMI DITINJAU DARI FATWA DSN MUI NOMOR 43/DSN-MUI/VIII/2004/ TENTANG TA’WIDH (Studi Kasus di BMT Nusantara Umat Mandiri Desa Karangtalun Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Cindy Aprilia Maharani, 12101173011, Pemberlakuan Denda atas Keterlambatan Pembayaran Angsuran Ijarah Selama Pandemi Ditinjau dari Fatwa DSN MUI Nomor 43/DSN-MUI/VIII/2004/tentang Ta’widh (Studi Kasus di BMT Nusantara Umat Mandiri Desa Karangtalun Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung), Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, IAIN Tulungagung, 2021, Pembimbing: Dr. H. Asmawi, M.Ag Kata Kunci : Denda, Keterlambatan Pembayaran, Ijarah, Pandemi, Ta’widh Dalam pembiayaan akad Ijarah, meskipun BMT Nusantara Umat Mandiri telah melakukan peninjauan sebelum menyetujui pembiayaan, masih banyak nasabah yang melalaikan kewajibannya dalam membayar angsuran pembiayaan dengan menunda pembayaran. Apalagi sekarang terjadi pandemi yang tentu berpengaruh tehadap ekonomi masyarakat. Maka penting dan menarik untuk mengkaji pemberlakuan denda atas keterlambatan pembayaran angsuran Ijarah selama pandemi yang ditinjau dari Fatwa DSN MUI Nomor 43/DSNMUI/VIII/2004/ tentang Ta’widh Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana pemberlakuan denda atas keterlambatan pembayaran angsuran ijarah di BMT Nusantara Umat Mandiri Desa Karangtalun Kecamatan Kalidawir Tulungagung setelah terdampak pandemi? 2) Bagaimana pemberlakuan denda atas keterlambatan pembayaran angsuran ijarah di BMT Nusantara Umat Mandiri Desa Karangtalun Kecamatan Kalidawir Tulungagung ditinjau dari Fatwa DSN MUI Nomor 43/DSNMUI/VIII/2004 tentang Ta’widh? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pemberlakuan denda atas keterlambatan pembayaran angsuran ijarah di BMT Nusantara Umat Mandiri Desa Karangtalun Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung setelah terdampak pandemi. 2) Untuk mengetahui pemberlakuan denda atas keterlambatan pembayaran angsuran ijarah selama pandemi di BMT Nusantara Umat Mandiri desa Karangtalun Kecamatan Kalidawir Tulungagung ditinjau dari Fatwa DSN MUI Nomor 43/DSN-MUI/VIII/2004 tentang Ta’widh Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif normatif, berlokasi di BMT Nusantara Umat Mandiri Desa Karangtalun Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Data peneliti dikumpulkan dari narasumber dengan teknik wawancara secara langsung dan juga melalui video call whatsapp, selain itu data sekunder yang dikumpulkan dari berbagai literature melalui studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pemberlakuan denda atas keterlambatan pembayaran angsuran ijarah setelah terdampak pandemi adalah pihak BMT Nusantara Umat Mandiri akan mengutamakan azas kekeluargaan dan musyawarah terkait besaran denda akan diberikan keringanan maupun diperbolehkan membayar semampu dan seikhlasnya. 2) Ditinjau dari Fatwa DSN MUI Nomor 43/DSN-MUI/VIII/2004 tentang Ta’widh sudah sesuai semua ketentuan umum maupun khusus nya dengan mencantumkan pemberlakuan denda pada akad tanpa menunjukkan besaran dendanya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Hukum > Hukum Islam
Hukum > Undang-undang
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 12101173011 CINDY APRILIA MAHARANI
Date Deposited: 09 Jan 2023 01:53
Last Modified: 09 Jan 2023 01:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32094

Actions (login required)

View Item View Item