MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH ALIYAH NEGERI (Studi Multisitus di MAN 6 dan MAN 13 Jakarta)

NUR FAIZIN ZUHRI, 128501203017 (2023) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH ALIYAH NEGERI (Studi Multisitus di MAN 6 dan MAN 13 Jakarta). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (702kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul " Manajemen Sarana Dan Prasana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Aliyah Negeri (Studi Multisitus Di Madrasah Aliyah Negeri 6 Jakarta Dan Madrasah Aliyah Negeri 13 Jakarta)" ini di tulis oleh Nur Faizin Zuhri, NIM 128501203017 dengan dibimbing oleh Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag dan Prof. Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. Kata Kunci: Manajemen Sarana Dan Prasana, Mutu Pendidikan, Pendidikan yang berkualitas akan muncul apabila terdapat sekolah yang berkualitas salah satunya mempunyai kelengkapan fasilitas yang menunjang proses belajar mengajar tersebut. Setiap satuan pendidikan wajib memiliki sarana dan prasarana pendidikan. Prasarana pendidikan ini juga berperan dalam proses belajar mengajar walaupun secara tidak langsung. Bila suatu sekolah kurang memperhatikan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan, maka siswa-siswanya kurang bersemangat untuk belajar dengan sungguh-sungguh. Hal ini mengakibatkan prestasi belajar anak menjadi rendah. Pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 6 dan MAN 13 Jakarta? (2) Bagaimana pengorganisasian sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 6 dan MAN 13 Jakarta? (3) Bagaimana pengawasan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 6 dan MAN 13 Jakarta? (4) Bagaimana perawatan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 6 dan MAN 13 Jakarta? (5) Bagaimana penghapusan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 6 dan MAN 13 Jakarta? Tesis ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan tentang manajeman sarana dan prasaran dan guru di sekolah. Serta bentuk manajeman sarana prasaran dalam meningkatkan mutu pendidikan. Sehingga dapat diketahui mutu pendidikan dengan adanya manajeman sarana dan prasarana. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi multi kasus (multy case studies). Pada penelitian ini kasus yang diteliti terdapat pada dua lembaga pendidikan, yaitu MAN 6 Jakarta dan MAN 13 Jakarta. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: 1) Perencanaan sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan yang dilakukan di MAN 6 dan MAN 13 Jakarta terdiri dari : a) Diawali dengan observasi dan analisis terperinci untuk disimpulkan menjadi program kerja untuk didiskusikan pada forum; b) Rapat kecil yang terdiri dari pimpinan dan wakil kepala sekolah untuk membahas program kerja yang sudah di jalani dan mencari solusi dari permasalahan; c) Rapat sedang yang di hadiri semua jajaran guru untuk mengevaluasi program kerja yang sudah dijalankan; d) Rapat besar yang melibatkan semua unsur pimpinan, guru dan staf sebagai asas musyawarah dan menjadi bahan pertimbangan jika terdapat masukan-masukan; e) Implementasi program kegiatan; f) Evaluasi, yang dilakukan setiap keadaan jika diperlukan. 2) Pengorganisasian sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 6 dan MAN 13 Jakarta sendiri terlihat pada nilai-nilai yang ditanamkan sebagai landasan dalam manajemen seperti : SNP (Standar Nasional Pendidikan), pengadaministrasian, pengadaan, layanan prima, pengembangan kebutuhan, menampung kebutuhan, dan menjalankan program sebaik mungkin. 3) Bentuk pengawasan sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 6 dan MAN 13 Jakarta direalisasikan pada bentuk monitoring juga laporan secara lisan dan tertulis yang diadakan evaluasi mingguan, evaluasi bulanan dan evaluasi diri madrasah (EDM) yang semuanya ditinjau secara langsung oleh pimpinan di sekolah. 4) Perawatan sarana dan prasaran dilaksanakan dengan Menanamkan rasa memiliki kepada siswa, Membentuk tim teknis, Controling langsung ke lapangan, Laporan lisan, dan Laporan; 5) Penghapusan sarana dan prasaran dilaksanakan dengan Membentuk tim khusus, Membuka masukan dari siswa, Melihat langsung ke lapangan, Laporan lisan, dan Laporan tertulis.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr 128501203017 NUR FAIZIN ZUHRI
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:49
Last Modified: 25 Jan 2023 02:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32097

Actions (login required)

View Item View Item