PENCEMARAN LIMBAH KOTORAN SAPI PT. GREENFIELD DALAM PERSPEKTIF FIQIH BI’AH (Studi di Desa Sumberurip Kecamatan Doko Kabupaten Blitar)

MOHAMMAD IBNU NAJIB, 12103183061 (2023) PENCEMARAN LIMBAH KOTORAN SAPI PT. GREENFIELD DALAM PERSPEKTIF FIQIH BI’AH (Studi di Desa Sumberurip Kecamatan Doko Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (825kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (568kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (975kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (868kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (438kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pencemaran limbah kotoran sapi PT. Greenfields di Sungai Genjong yang mengalir di wilayah Desa Sumberurip, Kacamatan Doko. Realita pencemaran lingkungan hidup menjadi isu yang menarik untuk dianalisis menggunakan perspektif fiqih bi’ah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pencemaran limbah kotoran sapi PT.Greenfields di Sungai Genjong Desa Sumberurip Kecamatan Doko Kabupaten Blitar? 2) Bagaimana pencemaran limbah kotoran sapi PT.Greenfields di sungai Genjong Desa Sumberurip Kecamatan Doko Kabupaten Blitar dalam perspektif fiqih bi’ah? Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mendeskripsikan pencemaran limbah kotoran sapi PT. Greenfields di sungai Genjong Desa Sumberurip Kecamatan Doko Kabupaten Blitar. 2) Menganalisis pencemaran limbah kotoran sapi PT. Greenfields disungai Genjong Desa Sumberurip Kecamatan Doko Kabupaten Blitar dalam Prespektif Fiqih Bi’ah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Triangulasi digunakan untuk pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pencemaran limbah kotoran sapi oleh PT.Greenfield di Sungai Genjong Desa Sumberurip Kecamatan Doko Kabupaten Blitar diawali dengan air sungai beraroma busuk yang menyengat. Mesin mikrohidro yang berfungsi menghasilkan listrik untuk penerangan warga di dua dusun juga mendadak mati. Aroma busuk air sungai dan rusaknya mesin mikrohidro karena tersumbat limbah kotoran sapi. Pencemaran limbah mengakibatkan kerusakan ekosistem pada sungai dan mengganggu kenyamanan masyarakat yang tinggal dalam radius 500meter dari sungai Genjong. Pembuangan limbah ke sungai pada tahun 2020 menyebabkan banyaknya ikan yang mati. 2) Dalam perspektif fiqih bi’ah, pencemaran limbah kotoran sapi di sungai bertentangan dengan maqashid syariah khususnya menjaga jiwa. Kerusakan lingkungan hidup mempengaruhi keberlangsungan kehidupan fisik dan psikis manusia sehingga dapat mengancamkeselamatan manusia. Perusahaan telah melakukan pelanggaran terhadap aturan yang sudah disusun oleh ulul amri atau pemerintah, dalam hal ini Undang-Undang No. 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 12103183061 MOHAMMAD IBNU NAJIB
Date Deposited: 12 Jan 2023 08:52
Last Modified: 12 Jan 2023 08:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32137

Actions (login required)

View Item View Item