ANALISIS MANAJEMEN KOLEKSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH MENENGAH ATAS BERDASARKAN STANDAR NASIONAL PERPUSTAKAAN NOMOR 12 TAHUN 2017

ASNA ZAQIYANA, 12310183036 (2022) ANALISIS MANAJEMEN KOLEKSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH MENENGAH ATAS BERDASARKAN STANDAR NASIONAL PERPUSTAKAAN NOMOR 12 TAHUN 2017. [ Skripsi ]

[img] Text
ANALISIS MANAJEMEN KOLEKSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH MENENGAH ATAS BERDASARKAN STANDAR NASIONAL PERPUSTAKAAN NOMOR 12 TAHUN 2017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Manajemen koleksi perpustakaan sekolah menengah atas dan sederajat menunjukkan keadaan yang beragam. Perlu kesadaran dari pihak sekolah mengenai keberadaan perpustakaan. Perpustakaan sekolah memiliki peran penting untuk menyediakan kebutuhan informasi berupa ketersediaan koleksi terutama koleksi penunjang kurikulum demi kelancaran kegiatan pendidikan. Kebutuhan informasi peserta didik dapat terpenuhi ketika koleksi yang tersedia selaras. Keselarasan ini dapat tercapai dengan adanya sistem manajemen koleksi sesuai dengan standar nasional perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mendeskripsikan manajemen koleksi yang dijalankan di perpustakaan sekolah menengah atas berdasarkan standar. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk mendapatkan data guna memecahkan masalah ini. Metode pencarian data dilakukan melalui tahapan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang ditujukan kepada pustakawan. Adapun analisis data menggunakan teknik berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Berdasarkan bagian yang menjadi program manajemen perpustakaan sekolah meliputi jenis dan jumlah koleksi, koleksi referensi, pengolahan koleksi, dan pelestarian koleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis dan jumlah koleksi serta ketersediaan koleksi referensi yang tersedia belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan informasi peserta didik. Berbanding terbalik dengan ketersedian koleksi dan kebutuhan informasi peserta didik yang belum terpenuhi, pengolahan koleksi dan pelestarian koleksi telah dilakukan dengan baik sehingga koleksi tetap terjaga informasi di dalamnya. Secara keseluruhan manajemen koleksi perpustakaan sekolah belum dilaksanakan secara maksimal dan masih berada ditahap peningkatan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Ilmu Perpustakaan > Perpustakaan Sekolah
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: 12310183036 Asna Zaqiyana
Date Deposited: 18 Jan 2023 03:48
Last Modified: 18 Jan 2023 03:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32257

Actions (login required)

View Item View Item